suplemenGKI.com

BERIMAN

Ibrani 11:29 – 12:2

 

Pengantar
Tubuh menjadi kuat apabila sering dilatih dan berolahraga. Untuk itulah, para atlet yang berjuang untuk meraih prestasi terbiasa untuk melatih dirinya semakin lebih kuat dari hari ke hari. Begitu juga dengan kita dalam urusan kesehatan tubuh, maka kita juga melatihnya agar tetap sehat dan kuat setiap hari. Begitu juga dengan kehidupan beriman. Iman yang sehat dan kuat adalah hasil dari melatih kebiasaan rohani setiap hari. Pada hari ini, kita akan merenungkan tentang hidup beriman yang semakin kuat di tengah berbagai situasi dan kondisi.

Pemahaman

  • Ayat 29-34     : Mengapa Ibrani menyebut nama-nama tokoh di Perjanjian Lama?
  • Ayat 35-40     : Apa yang terjadi dengan orang-orang yang berharap pada kemampuannya?
  • Pasal 12:1-2    : Pesan apa yang diberikan kepada pembaca?

Surat Ibrani adalah surat yang mengajarkan kepada kita tentang hidup beriman sebagai pengikut Kristus sebab para pembaca surat Ibrani adalah orang-orang Kristen Yahudi yang sering mengalami penganiayaan. Mereka mudah putus asa dalam mengikut Tuhan. Melihat hal tersebut, surat Ibrani menuliskan berbagai kesaksian iman yang pernah dialami oleh orang-orang Israel. Lewat kesaksian-kesaksian tersebut, mereka mendapatkan kekuatan iman.

Ibrani 11:1 adalah prinsip hidup beriman, “iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat”. Ibrani 11 tidak hanya berbicara tentang pengertian iman, tetapi juga memperlihatkan contoh atau keteladanan orang-orang yang menjalani hidup beriman. Ayat 29 sampai dengan 34 mengisahkan beberapa tokoh dengan teladan imannya masing-masing. Umat Israel yang melintasi Laut Merah, yang dengan mudah dilalui dan tiba di seberang dengan selamat. Iman Musa sebagai pemimpin menjadi teladan dan diikuti oleh seluruh bangsa Israel, sehingga mereka bisa menyeberangi Laut Merah. Kokohnya tembok kota Yerikho namun berhasil diruntuhkan karena mereka patuh pada apa yang Tuhan perintahkan kepada mereka. Penulis juga mengangkat kisah tentang Rahab, seorang perempuan yang berjasa menyelamatkan mata-mata Israel yang diutus oleh Yosua (Yos. 6:25) dan apa yang sudah dilakukan oleh Rahab adalah caranya untuk mempercayakan langkah kehidupan hanya kepada Allah.

Hal lain yang ditekankan di dalam bacaan hari ini adalah tentang hidup beriman yang akan bertemu dengan berbagai tantangan, namun bukan berarti menyerah atau bahkan berpegang pada kemampuan sendiri. Kita ditunjukkan beberapa contoh bahwa ada yang harus disiksa, diejek, didera, dipenjara, dilempari, bahkan dibunuh demi terus mengikut Sang Jalan yang Benar. Banyak orang di sekitar kehidupan orang percaya pada saat itu memilih untuk segera meninggalkan Tuhan dan tidak lagi beriman kepada-Nya karena mengalami penganiayaan yang sedemikian berat, namun pada akhirnya kita diperlihatkan bahwa mereka yang mampu bertahan dan terus beriman adalah orang-orang yang selalu mengarahkan mata mereka kepada Yesus, yang menjadi pemimpin kehidupan.

Refleksi
Hidup beriman memang tidak pernah lepas dari berbagai tantangan. Akan tetapi, kita selalu disertai oleh Yesus yang selalu bersedia menopang dan menolong kita. Surat Ibrani mengajak kita untuk dapat fokus hanya kepada Yesus, sebab Dialah yang memimpin kehidupan kita. Iman kita semakin bertumbuh apabila kita selalu mengarahkan hidup kita kepada-Nya. Kita dapat berjuang di tengah berbagai kondisi kehidupan yang tidak mudah bukan karena kemampuan yang kita miliki, tetapi karena Tuhan menyertai dan melengkapi kita. Jika hidup memang berat, bukan berarti kita menjadi kalah dan lemah. Jika berat, teruslah beriman dan memohon pertolongan-Nya agar kita mendapatkan kekuatan.

Tekadku
Tuhan, kami ingin terus semakin kuat beriman kepada-Mu agar kami semakin mengerti setiap maksud dan rancangan-Mu bagi kehidupan kami.

Tindakanku
Pada hari ini, saya akan mendoakan diri saya dan anggota keluarga saya agar selalu kuat beriman ketika menghadapi berbagai persoalan kehidupan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*