suplemenGKI.com

TEGUH & BERTUMBUH DALAM KRISTUS

II Petrus 1:3-11

 

Pengantar
Surat II Petrus ditulis oleh Rasul Petrus yang ditujukan pada orang percaya di Asia kecil. Adapun yang menjadi tujuannya dalam menulis surat ini adalah untuk menasihati orang percaya agar mereka bertekun dalam pengajaran Kristen, memberikan peringatan agar jemaat Tuhan waspada terhadap para pengajar palsu yang dapat memutarbalikkan kebenaran Firman Allah, serta memotivasi umat agar makin bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Kristus. Bacaan hari ini akan berfokus pada nasihat Petrus yang mengajarkan umat untuk teguh dan bertumbuh dalam iman pada Kristus. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 3-4     :   Apa yang menjadi pengharapan Petrus pada umat Tuhan yang ada di Asia kecil?
  • Ayat 5-7     :   Apa sajakah nasehat yang disampaikan oleh Petrus kepada jemaat di Asia kecil dalam rangka membangun iman
    dan pengenalan akan Kristus?
  • Ayat 8, 10  :   Apa yang akan terjadi jika umat Tuhan sungguh-sungguh berupaya dalam pengenalan akan Kristus?

Petrus mengungkapkan harapannya pada jemaat di Asia kecil agar hidup dalam kasih karunia Kristus yang telah memanggil umat oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib (ayat 3). Umat harus memahami dan menyadari bahwa dirinya telah dipilih oleh Tuhan untuk menerima anugerah keselamatan dari-Nya. Sebagai respon atas anugerah itu, umat dinasehati untuk memperkaya iman kepada Kristus dengan memelihara tanggung jawab hidup orang Kristen. Hal itu dapat diwujudkan dengan menambahkan kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara-saudara dan semua orang (ayat 5-7).

Apabila semuanya itu ada dalam diri orang percaya, maka dampak yang dirasakan adalah umat akan giat dan berhasil dalam pengenalan akan Yesus Kristus (ayat 8), serta makin teguh dalam menjalani panggilan hidup sebagai orang Kristen (ayat 10). Kedua dampak tersebut menunjukkan pertumbuhan kerohanian dalam diri orang beriman. Ketika umat diterpa oleh berbagai persoalan, maka umat tak akan tergoncangkan karena iman mereka telah berakar kuat pada Kristus. Jika sekeliling mereka telah tergoda untuk melakukan pelanggaran dan melawan kehendak Allah, maka orang beriman akan tetap berjalan dengan sangat waspada dan senantiasa bertekun dalam pengajaran kekristenan.

Refleksi
Sebagai pembaca masa kini, kita juga diingatkan akan pentingnya untuk terus mengenal Allah dengan terus membangun persekutuan yang dekat dengan-Nya. Ketika kita memiliki pengenalan yang benar tentang Allah dalam persekutuan pribadi maupun bersama komunitas, maka kita juga akan dimampukan untuk memiliki kehidupan yang berbuah, dan bukan jadi batu sandungan bagi sesama.

Tekadku
Tuhan, terimakasih atas anugerah keselamatan yang Engkau berikan padaku. Berikanku hikmat agar makin kuat bertumbuh dalam iman dan pengharapan kepada-Mu.

Tindakanku
Aku akan berupaya untuk melakukan satu tindakan agar pengenalan pada Kristus makin bertambah. (misalnya: memberi waktu untuk membaca buku rohani, melakukan disiplin saat teduh, dan lain sebagainya)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«