suplemenGKI.com

ALFA DAN OMEGA

Wahyu 1:4-8

 

Pengantar
Dalam sejarah kehidupan manusia, kita mengenal berbagai nama raja yang berkuasa dan menjadi kepala atas pemerintahan suatu bangsa atau negara. Seorang raja memiliki keistimewaan karena mampu memerintah rakyatnya dan mengarahkan rakyatnya. Yohanes mendapatkan penglihatan tentang Alfa dan Omega yang hadir di sepanjang zaman.

Pemahaman

•    Ayat 4-6     : Apa yang dimaksudkan oleh Yohanes lewat penglihatannya?

•    Ayat 7-8     : Apa arti dari berita kedatangan Yesus Kristus?

Kitab Wahyu adalah kitab yang secara garis besar berbicara tentang penyingkapan tentang kuasa Allah dalam kehidupan yang mampu menyelamatkan manusia. Yohanes menuliskan kitab ini pada masa krisis akibat penganiayaan yang dialami orang percaya karena kesaksian-kesaksian dan penyebaran Injil. Melalui kitab Wahyu inilah orang-orang percaya mendapatkan kekuatan dalam iman mereka untuk bertahan dan terus berjuang.

Yohanes memberikan pengantar bagi para pembacanya dengan menyebutkan tujuan utama kitab ini, yaitu kepada ketujuh jemaat di Asia Kecil, yaitu Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia, dan Laodikia, yang pada bagian selanjutnya disapa satu persatu oleh Yohanes. Beberapa ahli mengungkapkan dalam tafsiran bahwa ketujuh jemaat ini mewakili kondisi jemaat di sepanjang zaman. Artinya, pesan dari Yohanes bukan tertuju hanya kepada tujuh jemaat pada masa lalu, tetapi juga bagi jemaat atau gereja-gereja yang ada pada masa kini. Yohanes mendapatkan gambaran kehadiran dan kemenangan Kerajaan Allah ketika Kristus datang kembali untuk mendirikan kerajaan-Nya di bumi. Penglihatan atau penyingkapan Yohanes ini merupakan gambaran kemenangan orang-orang percaya atas kuasa jahat sebab Kristus hadir ke dalam dunia. Pernyataan tentang kuasa Yesus dipertegas melalui ungkapan “yang bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja di bumi” (ay. 5) dan menegaskan bahwa kehadiran Yesus Kristus sebagai Raja dalam seluruh kehidupan umat manusia. Tidak ada raja di sepanjang sejarah yang mampu bangkit dari antara orang mati sebagai bentuk karya penyelamatan yang dilakukan-Nya untuk menebus dosa umat manusia, sehingga setiap orang telah lepas dari dosa oleh karena darah-Nya.

Yesus Kristus hadir sebagai Alfa dan Omega (awal dan terakhir) yang menunjukkan kehadiran Yesus Kristus sebagai Tuhan di sepanjang zaman. Alfa dan Omega menunjukkan penyelamatan yang kekal dan sudah hadir sejak pertama lewat karya-karya penciptaan dan pemeliharaan atas karya ciptaan-Nya tersebut. Ia yang mengantar kepada kemenangan. Rencana Allah akan hadirnya Yesus Kristus ke dalam kehidupan manusia dilakukan dalam rangka menyelamatkan manusia dari dosa. Karya penyelamatan itu melampaui apa yang dapat dilakukan oleh para raja yang ada di dalam kehidupan manusia, yang hanya mampu untuk menaklukkan dan menguasai, tetapi Yesus Kristus melakukan pengorbanan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Ia rela mati dan membawa umat manusia dalam kemenangan melalui pengorbanan darah-Nya.

Refleksi
Ada berbagai tantangan yang kita temui dan hadapi di tengah keseharian kita. Dalam iman, kita memahami bahwa Ia sungguh-sungguh berkarya sejak awal sampai akhir. Akan tetapi, kekuatan iman kita selalu diuji ketika berjumpa dengan berbagai tantangan kehidupan. Kita tidak selalu mampu mengungkapkan atau merasakan bahwa Tuhan menyertai kehidupan kita dan menyelamatkan kita. Terkadang, kita bergantung pada kemampuan kita sendiri, sehingga kehilangan penyertaan-Nya. Melalui Firman pada hari ini, kita diajak untuk menyerahkan kekuasaan kita kepada Yesus Kristus dan mengikuti jalan yang benar, mengikuti Dia Sang Raja, dan menjadi umat yang setia sampai pada akhir zaman.

Tekadku
Tuhan, ajarkan kami untuk tidak berpegang pada kemampuan kami sendiri. Kami rindu merasakan kuasa-Mu dan karya-Mu di dalam kehidupan kami sebab Engkau menyertai kami dalam kehidupan ini sejak awal sampai akhir.

Tindakanku
Pada hari ini, saya akan mendoakan kehidupan saya agar selalu mampu menyerahkan semua hal ke dalam tangan Tuhan, baik dalam suka maupun duka, sebab saya percaya bahwa Dialah Sang Raja yang Sejati, yang akan selalu menyertai perjalanan kehidupan ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*