suplemenGKI.com

RAJA YANG SEJATI

Yohanes 18:33-37

 

Pengantar
“Maju tak gentar membela yang benar”, adalah kutipan syair lagu perjuangan yang diciptakan oleh Cornel Simanjuntak. Lagu ini mengisahkan perjuangan para pahlawan di masa kemerdekaan untuk meraih kemenangan dengan memperjuangkan kebenaran. Kebenaran adalah sebuah nilai yang patut untuk dimiliki oleh semua orang dan juga nilai hidup yang patut untuk diperjuangkan. Di tengah kehidupan yang penuh dengan ketidakbenaran, Yesus bersaksi di hadapan Pilatus dengan menghadirkan diri-Nya sebagai seorang Raja yang Sejati.

Pemahaman

•    Ayat 33-34  : Apa maksud pertanyaan Pilatus?

•    Ayat 35-37   : Bagaimana Yesus menjelaskan tentang diri-Nya?

Percakapan antara Yesus dan Pilatus merupakan simbolisasi pertemuan 2 (dua) kuasa. Jika 2 (dua) kerajaan berjumpa dalam situasi yang menegangkan pasti akan berujung pada pertempuran, namun Yesus tidak menggunakan kuasa-Nya untuk mengadakan pertempuran tersebut. Yesus menghadapi Pilatus dengan penuh hikmat dan kuasa Allah.

Pilatus menanyakan “Engkau inikah raja orang Yahudi?” (ay. 33) yang menunjukkan bahwa sesungguhnya Pilatus tidak mengenal Yesus. Pilatus dimungkinkan hanya mendengar dari orang-orang banyak dan juga imam-imam kepala yang merasa terganggu dengan hadirnya Yesus Kristus. Dalam situasi tersebut, Yesus berada dalam posisi tertuduh. Tertuduh hanya memiliki hak jawab saja dan tidak bisa mengajukan pertanyaan. Akan tetapi, Yesus yang hadir melalui kuasa kebenaran segera menguji isi hati Pilatus dengan menanyakan apakah pertanyaan itu berasal dari hatinya atau berasal dari orang lain. Kemampuan Yesus untuk melontarkan pertanyaan memupus posisi tertuduh yang disematkan kepada Yesus, sehingga terjadi percakapan yang tidak pernah direncanakan sebelumnya.

Yesus menegaskan bahwa Ia datang bukan dari dunia ini dan sikap yang ditampilkan oleh Yesus, yaitu tidak ada perlawanan dan pemberontakan, sekaligus menunjukkan kepada Pilatus bahwa Yesus memanglah seorang Raja yang Sejati, yang hadir bukan dari kerajaan-kerajaan di dunia, tetapi hadir dari surga, serta membawa dan mewujudkan kedamaian. Pernyataan Yesus menyakinkan Pilatus bahwa Yesus bukanlah raja biasa. Melalui keyakinan tersebut, Pilatus mengajukan pertanyaan yang berasal dari imannya sendiri, “jadi, Engkau adalah raja?”. Pertanyaan ini merupakan pengakuan Pilatus terhadap keberadaan Yesus sebagai Raja. Pada saat itu, Yesus memberikan pengajaran tentang cara Ia berkarya di tengah kehidupan. Yesus menyatakan bahwa kehadiran-Nya adalah untuk membawa kebenaran. Pilatus mendapatkan nilai iman dari perjumpaannya bersama dengan Yesus.

Refleksi
Di dalam kehidupan ini, kita sering berjumpa dengan banyak sekali kuasa yang ingin mengalahkan kuasa Yesus. Pemujaan terhadap kemampuan diri secara berlebihan, selalu merasa lebih hebat, merasa sudah memiliki banyak kemampuan di pekerjaan, sekolah, atau pelayanan, adalah contoh-contoh yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang sombong dan merasa memiliki kuasa yang lebih baik daripada kuasa Tuhan. Jika demikian, maka hidup akan semakin terarah kepada ketidakbenaran. Pengakuan Yesus sebagai seorang Raja menunjukkan kepada kita bahwa kuasa Yesus ada di atas segala-galanya. Yesus yang hadir di tengah kehidupan manusia menunjukkan kepada kita bahwa Ia adalah seorang Raja yang Sejati, yang mau merendahkan diri dan berkorban bagi manusia. Kehadiran-Nya adalah untuk membawa setiap orang untuk hidup di dalam kebenaran. Maka, bersama Yesus Sang Raja yang Sejati, hidup kita akan dituntun dalam setiap kebenaran.

Tekadku
Tuhan, Engkaulah Sang Raja yang Sejati. Pimpinlah kami untuk selalu merasakan kebenaran karena Engkaulah Sang Sumber Kebenaran di dalam kehidupan kami. Hanya bersama-Mu, kami mampu memahami dan bertindak benar di dalam kehidupan ini.

Tindakanku

Saya akan:

  1. Selalu bersedia untuk merenungkan Firman-Nya sebagai sumber kebenaran dalam kehidupan.
  2. Selalu menghargai pengorbanan Yesus dan selalu merawat hidup beriman, menjauhi tindakan-tindakan yang tidak benar di hadapan Tuhan.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«