suplemenGKI.com

Mazmur 4 : 1-8

PENYERAHAN DIRI SECARA TOTAL

 

PENGANTAR
Pernahkah anda mengalami persoalan hidup yang sangat berat dan hal itu sangat menggelisahkan hati anda, sehingga membuat anda tidak bisa tidur. Apalagi ketika persoalan yang satu belum selesai kemudian muncul persoalan baru. Maka kita semakin cemas, kuatir dan takut membayangkan hal-hal yang akan terjadi.

Karena itulah maka kita akan belajar dari pengalaman pemazmur Daud, yang pernah mengalami persoalan yang begitu berat menekan hidupnya. Namun Daud dapat melalui semua dengan penuh kemenangan. Nah apa rahasianya?

PEMAHAMAN

  • Bagaimana sikap pemazmur dalam menghadapi persoalan yang datang silih berganti ? (ayat 1-4)
  • Apa yang dilakukan pemazmur terhadap orang-orang yang memusuhinya ? (ayat 5-8)
  • Perasaan apa yang dirasakan pemazmur, ketika ia menyerahkan masalahnya kepada Tuhan (ayat 9 )

Mazmur pasal 4 ini, merupakan sebuah doa yang memperlihatkan kepercayaan Daud kepada Tuhan Allah. Di tengah segala kesukaran, tantangan dan penderitaan, Daud mengungkapkan bahwa dirinya tetap tenang, damai, gembira dan kuat. Hal itu dikarenakan :

Pertama : Daud mencari Tuhan Allah. Kata berseru merujuk kepada tindakan Daud yang secara terus-menerus dilakukan setiap kali Daud menghadapi persoalan. Daud telah mengalami, merasakan, bagaimana Tuhan Allah telah menolongnya. Tuhan memberi kelegaan dan sukacita ketika Daud mengalami kesesakan (2). Daud yakin bahwa ia telah dipillih  Tuhan (4) sehingga ketika ia berseru maka Tuhan pasti mendengar Daud.

Kedua : Daud membalas kejahatan dengan kebaikan. Musuh-musuh pemazmur ( Daud ) telah menekan dan menindas Daud. Namun Daud membalas kejahatan mereka dengan melakukan kebaikan kepada musuh-musuhnya. Daud menasehati mereka, agar mereka bisa menguasai diri (5,6). Bahkan Daud berdoa supaya cahaya Tuhan menyinari dirinya dan musuhnya (7).

Ketiga : Daud menyerahkan secara total persoalannya kepada Tuhan (9). Dengan percaya dan mempercayakan diri secara total kepada Tuhan maka Daud akan merasa tentram. Yaitu sebuah perasaan tenang, damai dan gembira. Perasaan tentram inilah yang dicari-cari semua orang, termasuk saya dan anda. Dan hal itu dapat kita alami jika kita percaya dan menyerahkan diri kepada Tuhan secara TOTAL.

REFLEKSI :
Marilah kita merenungkan : Bagaimana sikap anda ketika anda sedang menghadapi banyak persoalan ? Lari dari persoalan atau menyerahkan diri kepada Tuhan ? Bagaimana perasaan anda ketika sudah menyerahkan diri kepada Tuhan ?

TEKADKU :
Ya Tuhan, ampunilah saya, karena ketika menghadapi persoalan terkadang hati saya cemas, kuatir, takut. Tolonglah saya untuk belajar berserah secara total kepada Tuhan. Amin.

TINDAKANKU :
Mulai hari ini saya akan belajar melakukan kebaikan kepada orang yang memusuhi saya dan juga berdoa untuk mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«