suplemenGKI.com

BERTOBAT DAN BERHARAP KEPADA TUHAN

Yesaya 35 : 4-7

PENGANTAR
Hidup ini tidak semudah yang kita bayangkan tetapi juga tidak sesulit yang kita pikirkan. Hal ini mengajar kepada kita supaya tidak terlalu memandang enteng ( menyepelekan ) dan tidak terlalu memikirkan beratnya hidup ini. Yang Tuhan perkenan adalah agar umat percaya dapat menjalani hidup ini  dengan iman dan penuh pengharapan kepada Tuhan. Renungan hari ini akan menolong kita bagaimana beriman dan berharap kepada Tuhan di tengah tantangan kehidupan.

PEMAHAMAN

  1. Apa yang dikatakan nabi Yesaya kepada bangsa Israel ditengah-tengah berita penghukuman yang akan terjadi ? ( ayat 4 )
  2. Apa yang harus dilakukan bangsa Israel mendengar berita tersebut ? ( ayat 5-6 )
  3. Apa janji Tuhan kepada bangsa Israel ?  ( ayat 7)

Nabi Yesaya menyampaikan Firman Tuhan kepada bangsa Israel untuk bersiap-sedia menghadapi penghukuman Tuhan. Hal itu sebagai konsekwensi dari dosa dan kesalahan umat yang tidak lagi berharap kepada Tuhan. Hukuman yang Tuhan berikan bukan bentuk kekejaman dan bukan juga bermaksud Tuhan Allah hendak meninggalkan mereka. Tetapi Tuhan Allah hendak menyatakan kasih-Nya. Bahwa kasih setia Allah akan terus memberikan pengharapan kepada umat yang akan menjalani hukuman. Hal itu dinyatakan melalui kalimat, “Kuatkanlah hati, janganlah takut ! Lihatlah, Allahmu datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu” ( 4). Ini merupakan janji pemulihan dari Tuhan bagi bangsa Israel. Namun bangsa Israel harus melakukan pertobatan dan pembaharuan hidup ( ayat 5-6 ) sehingga mereka akan mengalami sukacita dari Tuhan.

Tuhan Allah yang akan merubah kehidupan dari hidup di padang pasir penderitaan  dan  yang tidak berpengharapan kepada hidup yang penuh damai sejahtera dan sukacita dari Tuhan. (ayat 7)

Oleh sebab itu, jika dalam kehidupan ini, kita mengalami penderitaan yang disebabkan oleh kesalahan kita, maka kita harus sadar dan bertobat dan kita kembali percaya dan mengandalkan Tuhan serta berharap kepada-Nya, agar kita memperoleh pengampunan, pemulihan dan kasih sayang-Nya. Tuhan itu penolong yang setia, kepada setiap orang yang menaruh pengharapan kepada-Nya.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Ketika anda menderita akibat kesalahan anda, apakah yang akan anda lakukan ? Apakah bertobat adalah langkah yang paling tepat ? Bagaimana menurut anda ?

TEKADKU
Ya Tuhan, berilah hati yang peka terhadap suara-Mu, agar saya dapat menyadari akan dosa dan kesalahan saya.

TINDAKANKU
Saya akan terus mengasah kepekaan hati nurani saya, melalui persekutuan yang rutin dengan Tuhan, agar saya cepat memahami apakah saya hidup jauh dari Tuhan atau dekat dengan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«