suplemenGKI.com

TUHAN ADALAH RAJA

Mazmur 93:1-5

 

Pengantar
Ungkapan “Tuhan adalah Raja” bukanlah ungkapan yang asing bagi kita. Setidaknya ada 3 (tiga) bagian Mazmur yang mencatat ungkapan tersebut (Mzm. 10:16; Mzm. 93:1; Mzm. 97:1). Setiap kali pemazmur mengungkapkan bahwa “Tuhan adalah Raja”, itu berarti ada kuasa Tuhan yang menolong pemazmur di dalam kehidupannya. Kuasa yang begitu besar terjadi hingga pemazmur bersukacita di dalam hidupnya.

Pemahaman

  • Ayat 1-2               : Bagaimana pemazmur mengungkapkan kehadiran Tuhan?
  • Ayat 3-5               : Bagaimana cara Tuhan bekerja dalam kehidupan pemazmur?

Pemazmur menggambarkan Tuhan sebagai seorang Raja yang megah, kuat, dan sempurna. Sebagai Raja, Tuhan memerintah di atas seluruh sisi kehidupan manusia. Pemazmur mengagungkan Tuhan sebab Dia adalah sosok yang mengagumkan bagi pemazmur. Itulah yang membuat pemazmur selalu memuji-Nya.

Selain itu, ungkapan “Tuhan adalah Raja” juga menunjukkan bahwa sejak awal bumi diciptakan memang hanyalah Tuhan Sang Raja yang abadi. Raja-raja lain memiliki masa dan waktu pemerintahannya, tetapi Tuhan ada untuk selamanya di sepanjang zaman. Selama-lamanya Dia memerintah atas kehidupan manusia. Sifatnya abadi, tidak seperti raja-raja yang lainnya. Dengan kehadiran Tuhan, maka dunia tidak goncang yang berarti tidak mendapatkan banyak kesusahan dan tidak dihantui oleh hal-hal buruk selama menempatkan Tuhan sebagai Raja di tengah kehidupan.

Pemazmur menggunakan perumpamaan air lewat sungai (ay. 3) dan ombak laut (ay. 4). Kedua hal ini menggambarkan situasi kehidupan yang berbeda. Sungai-sungai mewakili kehidupan yang tenang dan ombak mewakili kehidupan yang penuh deru dan tantangan. Seperti kita ketahui bahwa air tidak mudah dikendalikan. Sifatnya cair dan mudah menempati setiap ruang bahkan mencari celah sekecil apapun. Perumpamaan ini yang dipakai oleh pemazmur untuk menunjukkan kehebatan Tuhan yang mampu membuat sungai-sungai dan ombak laut tunduk kepada Tuhan. Ombak menunjukkan situasi hidup yang tidak bersahabat dengan manusia dan penuh dengan bahaya. Ombak laut dan suara air yang besar (ay. 4) bisa menjadi sumber ketakutan manusia atau juga sumber malapetaka bagi manusia. Akan tetapi, Tuhan jauh lebih hebat dan lebih kuat daripada berbagai ancaman-ancaman kehidupan.

Pemazmur menempatkan Tuhan ada di takhta yang tinggi. Artinya, Tuhan berkuasa atas segala sesuatu. Kuasa Tuhan sangatlah besar. Sekali lagi pemazmur juga menekankan bahwa apa yang sudah diperbuat oleh Tuhan (peraturan-peraturan dan Bait Suci yang dibangun dan dikuduskan) menunjukkan penyertaan Tuhan bagi kehidupan pemazmur. Sehingga pemazmur merasakan bahwa Tuhan selalu ada di sepanjang kehidupannya dan juga selalu ada di sepanjang zaman.

Refleksi
Tuhan adalah Raja di tengah kehidupan kita. Cara Tuhan bekerja dan hadir dalam hidup kita tidak hanya melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan kita. Rupanya, Tuhan juga hadir lewat hal-hal yang sederhana, yang mungkin seringkali kita lewati begitu saja. Kita juga tidak selalu mampu mengungkapkan bahwa “Tuhan adalah Raja”, sebab kita masih sering ingin menjadi penguasa di dalam kehidupan kita sendiri. Maka itu, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merasakan kebaikan Tuhan mulai dari hal yang sederhana. Ia memberi kita nafas hidup. Ia memberikan kepada kita cuaca yang baik untuk beraktivitas. Ia membuat orang-orang di sekitar kita mampu menjaga kesehatan. Ia memberikan kekuatan dalam setiap proses pemulihan yang sedang dilakukan oleh saudara yang sedang sakit. Ia menjaga dan menghibur hati kita. Ia selalu ada menemani kita di kala suka dan duka. Marilah kita memuliakan Tuhan di dalam hidup kita sebab Dia adalah Raja. 

Tekadku
Tuhan, Engkau adalah Raja bagi kehidupan kami. Ajarkanlah kami untuk selalu tunduk dan setia kepada-Mu, agar kami semakin merasakan setiap kebaikan-Mu di dalam kehidupan kami.

Tindakanku
Saya akan membuat daftar ucapan syukur mulai dari hal-hal yang sederhana sampai hal-hal yang luar biasa yang Ia hadirkan untuk hidup saya dan mendoakannya kepada Tuhan pada malam hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«