suplemenGKI.com

Markus 1:21-28

Siapa itu Yesus? Ada banyak perbedaan pandangan mengenai siapa itu Yesus. Misalnya saja, ada pihak yang menganggap bahwa Yesus hanyalah manusia biasa dan bukanlah Tuhan. Ada juga yang menganggap bahwa Yesus hanya sekedar nabi. Di tengah-tengah pelbagai pandangan tentang siapa itu Yesus, bagaimana kita –sebagai orang Kristen- harus memandang-Nya?
Tema khotbah pada hari ini adalah Yesus Lebih dari Sekedar Nabi. Tema ini ingin menegaskan kepada kita bahwa Yesus bukanlah sekedar manusia biasa. Yesus bukanlah sekedar nabi. Mengapa Tuhan Yesus dikatakan lebih dari sekedar nabi? Tuhan Yesus lebih dari sekedar nabi karena Ia diberikan otoritas oleh Bapa-Nya di Surga. Otoritas yang dimiliki Yesus melebihi otoritas nabi. Bahkan Roh Jahat sekalipun mengakui bahwa Yesus adalah yang kudus dari Allah (ay. 24).
Ada dua bukti yang menunjukkan bahwa Yesus memiliki otoritas yang melampaui otoritas nabi. Bukti yang pertama adalah Yesus mengajar dengan penuh kuasa. Kata-kata-Nya penuh kuasa. Pengajaran Yesus berbeda dengan pengajaran ahli-ahli Taurat yang biasanya didengar oleh orang Israel. Akibatnya banyak orang yang merasa takjub dengan pengajaran-Nya (ay. 22).
Bukti yang kedua adalah Yesus berkarya dengan penuh kuasa. Kuasa ini dilatarbelakangi oleh kasih-Nya kepada manusia. Ia mengasihi orang yang kerasukan setan itu. Ia mau membebaskan orang tersebut dari kuasa setan. Oleh karena itu, setan yang ada pada diri orang tersebut pun berhasil diusir. Tindakan Yesus ini membuat banyak orang semakin takjub pada-Nya (ay. 27)
Saudara, dua bukti itu menunjukkan otoritas Yesus yang lebih dari nabi. Pertanyaannya, apakah kita sudah sungguh-sungguh mengimani bahwa Yesus lebih dari sekedar nabi? Tentunya, keyakinan iman ini tidak boleh sekedar menjadi ungkapan mulut saja. Keyakinan bahwa Yesus adalah Tuhan dan lebih dari sekedar nabi harus diungkapkan dalam tindakan kita sehari-hari.
– emsiseyar-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*