Markus 13:1-8.

Kata antikristus berasal dari bahasa Yunani antikristos, yang terdiri dari 2 akar kata: anti + Kristos. Anti yang berarti menggantikan, melawan atau mengambil tempat orang lain, sedang Kristos berarti Kristus itu sendiri. Jadi antikristus berarti melawan, menggantikan, atau mengambil tempat Kristus, dalam bahasa Markus hal ini disebut penyesatan.
Pada bacaan Injil Markus tadi, dituliskan bahwa Yesus sedang menyampaikan pesan yang khusus kepada murid-muridNya berkaitan baik dengan Bait Allah di Yerusalem maupun penyesatan yang akan terjadi.
Berkaitan dengan Bait Allah yang ada di Yerusalem, dimana banyak orang Israel yang akhirnya memuja bangunan Bait Allah, Yesus justru menubuatkan bahwa Bait Allah ini akan runtuh. Hal ini digenapi tahun 70 M, saat tentara Roma di bawah pimpinan Titus menaklukkan Yerusalem dan menghancurkan Bait Allah.
Berkaitan dengan penyesatan, Yesus mengajarkan kepada murid-murid untuk mewaspadai akan datangnya orang-orang yang akan memakai nama Yesus untuk menyesatkan banyak orang.
Di sini Yesus menubuatkan munculnya antikristus, para penyesat ini akan memakai nama Yesus untuk kepentingannya sendiri bukan bagi Tuhan. Para penyesat ini akanmenggunakan kata-kata yang “berotoritas” seperti “Akulah Dia” atau “Akulah Mesias” dengan tujuan banyak orang menjadi percaya kepadanya.
Oleh sebab itu sebaiknya kita atau gereja tidak perlu berspekulasi tentang siapa antikristus dan menuduh pihak-pihak lain sebagai antikristus. Tetapi gereja harus senantiasa mewaspadai pekerjaannya yang melawan, menggantikan atau mengambil tempat Kristus yang mestinya dimuliakan dan diagungkan. Dengan demikian, kita juga harus bersikap kristis dan mewaspadai berbagai ajaran kekristenan, yang ujung-ujungnya memuliakan dan mengagungkan manusia, bukan Kristus.
Marilah kita bertekun dalam ajaran yang sehat sesuai dengan Firman Tuhan, serta mengawasi diri kita sendiri supaya kita tidak menyesatkan dan tidak disesatkan oleh penyesat, baik yang ada sekarang maupun yang akan datang.
(Djs)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*