suplemenGKI.com

Yohanes 20 : 19-23

Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka (para murid) dan berkata “Damai sejahtera bagi kamu! (Yoh 20 :19), ….. sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu” (Yoh 20:21).
Yesus menyampaikan ungkapan damai sejahtera merupakanwujuddari hatiyang dipenuhi oleh Roh Kudus. Yesus bangkit sebagai ROH dan menampakkan diri kepada para murid-NYA. Perkataan Yesus dipenuhi oleh suka cita dan hikmat. Perkataan Yesus penuh pengampunan. Tidak ada dendam, tidak ada pembalasan, namun sebaliknya,ungkapan KASIH dari HATI untuk mengampuni. IA memperlihatkan tangan dan lambung-NYA yang terluka dan sakit ketika IA mati di atas kayu salib (Yoh 20 : 20). Rasa sakit yang pernah IA rasakan, IA lupakan. IA menunjukkan luka-NYA dengan kasih, bukan dengan dendam,melainkan denganhati yang diwarnai oleh pengampunan. Yesus membagikan buah Roh Pengampunan kepada para murid-NYA.IA memberikan teladanbagi kita untuk mengampuni.
Bagi kita, sebagai manusia, sikap mengampuni bukanlah sikap yang mudah untuk dilakukan. Ketika kita mengalami konflik, seringkali terjadi pertikaian, perpecahan dan permusuhan. Amarah yang timbul terkadang sulit dan lama untuk dipadamkan. Hati manusia masih tertutup oleh dosa.Kelihatannya “beres”, sudah selesai namun tidak tuntas.Penyelesaiantampaknya dari sisi luar-nya saja. Hati manusia masih diliputi oleh ketidaknyamanan, tiada pengampunan segera. Hati ini,terasa sulit untuk berbaikkan kembali. Dalam situasi ini, manusia tidak berkuasa apapun. Ia perlu kembali kepada Yesus, mohon Roh Kudusturununtuk menerangi-nya.
Ketika Roh Kudus turun, IAakan menuntun hati kita. Upaya mengampuni akan beserta kita. Roh Kudus memberikan terang bagi kita untuk berbuat, berbagi dan membagikan buah yang baik. Upaya mengampunibisa terjadi dan tuntas ketika Roh Kudus turun dan kita terbuka untuk dituntun-NYA.
Yesus memberikan Roh Kudus bagi kita. Roh itu turun kepada tiap-tiap orang percaya. Roh itu satu, IA adalah pribadi ALLAH BAPA, YESUS KRISTUS sendiri dan tidak berbeda untuk setiap orang. Roh itu satu bagi semua orang dimanapun dia berada. IA memberikan KARUNIA kepada tiap-tiap orang menurut kehendak-NYA. Satu tubuh tetapi banyak anggota dan saling melengkapi. Setiap anggota mempunyai fungsi dan peran yang berbeda, namun saling membutuhkan.
Gereja Tuhan adalah satu TUBUH KRISTUS, IA melengkapi setiap jemaat dengan KARUNIA yang khusus, untuk saling berbagi, melengkapi dan melayani. Walaupun dalam realitas-nya, kita ada perbedaan, tetapi kita percaya kepada satu ROH, ROH KUDUS, IA yang membuat dan menjadikan kita SATU, SATU Jemaat TUHAN. Setiap jemaat dalam bergereja merupakan satu kesatuan komunitas ALLAH ditengah kehidupan bermasyarakat. Umat Tuhan hidupuntuk berkarya serta membagikan buah-buah kehidupan rohani bagi sesama.
Buah-buah kehidupan Roh kita bertujuan untuk memuliakan nama Tuhan.Buah ini perlu dibagikan bagi sesama karena kita sudah menerima buah-buah itu dalam diri YESUS KRISTUS di kehidupan ini. Oleh karena itu, di hari PENTAKOSTA ini, marilah kita dengan suka cita senantiasa mempersembahkan buah-buah kehidupan rohani kita, sebagai UNDUH-UNDUH yang bermanfaat bagi TUHAN dan sesama.SOLI DEO GLORIA (IP)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*