suplemenGKI.com

BACAAN: MATIUS 2:1-12

 Kegelapan menutupi samudera raya dan belum ada tanda-tanda kehidupan. Itulah inti kitab Kejadian  1:1-2. Allah dengan Kasih, Kuasa dan Kemuliaan-Nya memulai proses penciptaan dalam semesta tersebut diawali dengan menghadirkan TERANG.

TERANG yang menerangi bumi merupakan pertanda akan adanya kehidupan yang berlangsung secara terus menerus yang kemudian memungkinkan ciptaan terakhir yaitu binatang dan manusia dapat hidup, dapat bergerak, dapat beraktivitas, dapat berkarya, berusaha dan sebagainya.

Memahami contoh sederhana seperti keberadaan Pelita, Lampu, Senter, di malam gelap. Semua sumber terang tersebut merupakan penuntun pada  keselamatan, kesejahteraan dan kedamaian bagi orang-orang di sekitarnya. Dengan penerang-penerang tersebut mereka dapat berjalan dengan tidak terantuk batu, tidak terinjak kotoran hewan, dan sebagainya. Penerang tersebut sangat membantu mereka untuk menunjukkan jalan bagi mereka menuju suatu tempat tujuan.

Kisah orang Majus yang terus berjalan menuju Betlehem didasarkan pada Bintang Terang yang terus menuntun mereka ke satu tempat tujuan (Matius 2:1-12). Oleh pemahaman, pengetahuan dan keyakinan mereka, mereka yakin bahwa bintang yang super terang tersebut merupakan pertanda lahirnya seorang raja di tengah-tengah umat Yahudi yang kemudian disebut sebagai Mesias. Bintang terang tersebut menunjukkan jalan bagi orang Majus menuju sang raja yang penuh dengan Terang Ilahi.

Injil Yohanes pasal 1 ayat yang ke 4,5, dan 9 menyatakan bahwa Allah sang Firman itu adalah Terang bagi manusia. Dan terang yang sesungguhnya kemudian dinyatakan lewat Yesus Kristus (ay.9). Itulah dasar yang menguatkan keyakinan kita ketika Yesus berkata “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa jika tidak melalui Aku”. Pernyataan Yesus tersebut ingin mengatakan bahwa di dalam Yesuslah kita memperoleh jalan kehidupan menuju kerajaan Allah yang kekal. Yesuslah Tuhan,  Yesuslah Jalan, dan Yesuslah Terang di tengah-tengah kehidupan kita.

So…. tunggu apa lagi, sambutlah dan terimalah Yesus sang TERANG hidup yang menuntun dan menunjukkan jalan bagi setiap kita dalam menjalani hidup yang penuh dengan kekelaman ini. Tuhan beserta kita.

- Jps -

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*