suplemenGKI.com

Roma 5:1-5

Amanat akhir Tuhan Yesus sebelum terangkat ke sorga berbunyi:” …, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus”(Matius 28:19)

Istilah Tritunggal secara eksplisit tidak pernah muncul dalam Alkitab namun konsep tentang Tritunggal dapat dirumuskan di dalamnya. Itulah hasil rumusan para bapa gereja yang kita kenal selama ini yaitu Allah Tritunggal (di dalam nama Bapa, Anak, Roh Kudus). Beberapa ayat pendukungnya adalah Matius 28:19 (seperti tersebut di atas); Roma 5:1-5; Yohanes 16:12-15; Kejadian 1 (Perjanjian Lama), dsb.

Dalam Roma 5:1-5 Rasul Paulus memaparkan kesaksian imannya tentang kehadiran Allah Tritunggal.

·     ay.1,2 Yesus Kristus adalah pengantara kita untuk masuk dalam damai sejahtera Allah, dalam pengharapan dan kemuliaan di dalam Dia (Allah).

·     ay.5 Roh Kudus dikaruniakan kepada kita untuk menuntun, membimbing kita dalam ketekunan akan pengharapan kasih Allah.

Kesaksian Paulus dalam kitab Roma ini menegaskan bagaimana konsep Allah Tritunggal ada di dalam hidup kita.

Satu prinsip kehadiran Allah Tritunggal adalah mengasihi seluruh ciptaan-Nya khususnya umat manusia. Kasih-Nya dinyatakan lewat pemeliharaan-Nya, bimbingan-Nya, pimpinan-Nya, dan pertolongan-Nya yang diwujudkan lewat kehadiran-Nya di dalam diri Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Prinsip ini mengingatkan kita pada awal penciptaan manusia (Kej.1:26,27) di mana Allah menciptakan manusia segambar dan serupa dengan diri Allah itu sendiri (bandingkan dengan ciptaan lain selain manusia). Manusia memiliki porsi khusus dan istimewa dalam kehadirannya di bumi ini. Manusia juga diberi mandat khusus untuk memelihara dan mengelola ciptaan yang lain. Singkatnya manusia memperoleh perlakuan yang khusus dan istimewa. Itulah yang bisa kita simpulkan dari Allah bahwa,  Allah sangat mengasihi manusia.

Kini, jelas dan tegaslah bagi kita untuk tetap teguh beriman kepada Allah Tritunggal (Allah Bapa, Anak, Roh Kudus). Walau terkadang kita memahami kehadiran Allah secara terpisah atau sendiri-sendiri namun sebagaimana ayat-ayat di atas menyimpulkan bahwa, ketiganya adalah Esa, Manunggal. Dan, Allah hadir demi kasih-Nya kepada kita, kepada saudara dan saya.

Kiranya kasih Allah, damai sejahtera Tuhan Yesus Kristus dan persekutuan Roh Kudus menerangi hati dan pikiran kita, memampukan kita untuk dapat merasakan kasih-Nya yang besar nan mulia. Amin.                                                                                      jps

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*