suplemenGKI.com

SURPRISE!

08/09/2014

 

Selasa,  9 September 2014

Keluaran 14:23-31

Pengantar

Seorang anak menyangka bahwa ayahnya melupakan hari ulang tahunnya yang ke-5 sebab sore itu ayahnya belum pulang dari dinas di luar kota. Namun betapa terkejutnya dia sebab saat perayaan ulang tahun hendak dimulai, masuklah seorang  badut membawa kado sangat besar. Kado itu lebih tinggi dan lebih besar dari dirinya. Luar biasa senangnya si anak apalagi saat sang badut yang adalah ayahnya membuka topengnya dan berkata: “Surprise!” Si anak melonjak kegirangan. Benar-benar hadiah yang mengejutkan dan membuat si anak bahagia luar biasa. Saudara pernah mendapatkan surprise? Dalam bacaan hari ini kita akan melihat surprise yang diberikan TUHAN untuk bangsa Israel.

Pemahaman

  • Ayat 23        : Kira-kira apakah yang dirasakan orang-orang Israel saat dikejar pasukan Mesir sampai ke tengah laut?
  • Ayat 24-25 : Apakah yang telah dilakukan TUHAN sehingga pasukan Mesir berniat meninggalkan orang-orang Israel?
  •  Ayat 26-31: Kira-kira apakah yang dirasakan orang-orang Israel saat mengalami pertolongan TUHAN seperti dikisahkan dalam ayat-ayat ini?

Sesungguhnya TUHAN sering memberikan surprise untuk kita. Jalan TUHAN sungguh di luar pikiran kita. DIA sungguh luar biasa! Lihatlah surprise yang diberikan TUHAN untuk bangsa Israel di tengah ketakutan yang mereka alami. DIA hadir dalam tiang awan dan tiang api.Kegelapan awan secara ajaib melindungi Israel. Pada saat yang sama tiang api menerangi jalan melintasi lautitu sehingga orang Israel dapat menyeberang (Kel 14:24). TUHAN membuat roda kereta pasukan Mesir berjalan miring dan maju dengan berat. TUHAN membuat pasukan Mesir ketakutan dan lari meninggalkan Israel. Mereka tahu bahwa TUHAN berpihak  kepada Israel dan berperang dengan mereka. Kereta berkuda dan pasukan Mesir tenggelam di laut. TUHAN mencampakkan mereka  ke laut. Sementara itu orang-orang Israel  berjalan di tengah laut yang kering. Air laut menyibak ke pinggir menjadi tembok bagi mereka.

Dengan cara yang demikian dahsyat, TUHAN melindungi dan menyelamatkan umat Israel. Mereka  mendapatkan surprise dari TUHAN. Tentu mereka tak pernah menyangka bahwa TUHAN akan menyelamatkan mereka dengan cara yang ajaib. Oleh karena itu mereka menjadi takut dan percaya kepada TUHAN dan  Musa, hamba-Nya.

Refleksi

Pejamkan mata sejenak dan ingatlah kenangan perjalanan hidup yang telah Saudara lewati. Apakah Saudara menemukan karya besar TUHAN yang mengejutkan Saudara? Sudahkah Saudara mensyukurinya dengan semakin takut pada TUHAN dan semakin mempercayakan hidup Saudara dalam tangan kasih pemeliharaan-Nya?

Tekadku

Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk selalu percaya bahwa jalan-Mu mengatasi jalanku, pikiran-Mu mengatasi pikiranku sehingga aku tidak berpikir menurut pikiran dan jalanku sendiri melainkan mempercayakan jalanku dan pikiranku dalam kuasa kebesaran-Mu.

Tindakanku

Aku akan melanjutkan perjalanan hidupku dengan terus percaya bahwa TUHAN memimpinku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*