suplemenGKI.com

SUKACITA MENYAMBUT KEDATANGAN-NYA

Sabtu, 15 Mei 2010
Wahyu 22: 16-17, 20-21

Bacaan hari ini berisi suatu kesaksian tentang kedatangan KRISTUS. Di balik kitab ini berdiri KRISTUS dengan seluruh wibawanya.

Ayat 16 -17 : Apa arti YESUS adalah Sang Bintang Terang?
Ayat 20-21 : Kapan TUHAN YESUS datang? Dan bagaimanakah respon Saudara mendengar berita rencana kedatangan-Nya?
Renungan:

Dalam bagian ini KRISTUS disebut dengan 2 gelar yaitu Tunas Daud ( Keturunan Daud ) dan Bintang Terang. Dalam Yesaya 11:1 & 10 dinubuatkan bahwa Mesias akan datang sebagai tunas atau taruk dari Isai ( ayah Daud). Daud adalah raja pilihan ALLAH. Dan di dalam diri YESUS terangkum seluruh maksud pemilihan ALLAH itu. Kitab Wahyu mau mengatakan bahwa nubuat itu digenapi dalam KRISTUS. Sang Mesias yang sangat dirindukan oleh orang-orang Yahudi sudah muncul dalam KRISTUS. Gelar yang kedua; “ Bintang Timur yang gilang gemilang”. Ada penafsir yang mengatakan bahwa yang dimaksud bintang timur adalah planet Venus, bintang yang paling terang di cakrawala, juga disebut bintang fajar; memberitahukan tentang terbitnya fajar atau pagi. Jika ini dikenakan pada KRISTUS, maka berarti DIA-lah pembawa hari keselamatan.

Jika KRISTUS berkata: “ Aku datang segera!” apakah jawaban manusia? Seruan yang penuh rindu: “Marilah!”. Dalam ayat 17, jemaat dipersonifikasikan sebagai pengantin perempuan KRISTUS. Pengantin perempuan berseru: “ Marilah!”. Bagian ini merupakan tanda kerinduan akan kedatangan TUHAN. Umat rindu akan kedatangan TUHAN. Mereka berseru” Maranatha” ( Datanglah TUHAN YESUS ( ay 20)). Maranatha adalah seruan yang merangkum seluruh pengharapan orang percaya akan kedatangan TUHAN. Umat pun rindu datang kepada TUHAN ( Barangsiapa yang haus hendaklah ia datang dan mengambil air kehidupan dengan cuma-Cuma). Air kehidupan bukan hanya sesuatu yang dijanjikan untuk masa depan tetapi sekarang juga sudah diberikan oleh TUHAN YESUS. Mereka yang mengikuti jalan KRISTUS adalah orang-orang pilihan yang memperoleh air kehidupan.

Bacaan hari ini mau mengingatkan kita bahwa TUHAN YESUS akan datang segera. Kedatangan-Nya sebagai Hakim bukan sesuatu yang menakutkan bagi orang-orang yang hidup di jalan-Nya. Bahkan umat merindukan kedatangan-Nya yang diyakini membawa sukacita dan mengalirkan air kehidupan yang menyegarkan kehidupan umat TUHAN.

Siapkah Saudara menyambut kedatangan TUHAN? Kesiapan kita akan sangat ditentukan oleh seberapa setia kita hidup di jalan yang ditunjukkan-Nya. Mari kita mempersiapkan diri dengan penuh sukacita untuk menyongsong kedatangan KRISTUS, TUHAN kita. Air kehidupan akan mengalir dalam kehidupan kita, menyegarkan pengharapan di masa penantian.

Mari dengan penuh kerinduan, kita nantikan DIA!

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*