suplemenGKI.com

Apakah Anda menyediakan waktu untuk berjumpa dengan Tuhan setiap hari? Belum? Sebaiknya Anda mulai melakukannya sejak hari ini. Ibadah yang hanya seminggu sekali tentu tidak bisa diandalkan untuk mencukupi seluruh kebutuhan makanan rohani Anda. Berdoa, membaca Alkitab, dan memuji Tuhan harus Anda lakukan setiap hari. Dengan demikian niscaya Anda akan mendapatkan pertumbuhan rohani yang lebih baik. Iman Anda pun akan semakin kokoh untuk menghadapi pergumulan hidup yang semakin berat ini.
Gereja kita sedang mendorong seluruh anggota jemaat dan pengunjung kebaktian di GKI Residen Sudirman melakukan Saat Teduh setiap hari. Gerakan ini sudah dimulai dari para Pendeta, Tenaga Pembina, Penatua, dan juga beberapa personalia pengurus Sektor –sektor dan Komisi-komisi. Kami sangat yakin bahwa apabila seluruh anggota jemaat dan pengunjung kebaktian juga melakukannya maka gereja kita akan mengalami pertumbuhan yang pesat, baik dalam kualitas maupun kuantitas.
Bagaimana melakukannya? Tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyediakan waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk berdoa dan merenungkan Firman Tuhan. Tentu saja, jika Anda suka dan bisa, Anda dianjurkan juga untuk menyanyi/ menaikkan puji-pujian. Cara inilah yang sering disebut dengan Saat Teduh.
Untuk membantu merenungkan Firman Tuhan dalam Saat Teduh, kebanyakan orang menggunakan buku-buku panduan yang tersedia di banyak toko buku Kristen. Namun orang-orang yang menggunakan buku panduan semacam itu sering kali hanya membaca teks Alkitabnya sepintas lalu dan langsung dilanjutkan dengan membaca uraian atau cerita ilustrasi yang di buku tersebut. Ada juga yang bahkan terlalu “malas” untuk membaca teks Alkitabnya. Cara-cara seperti ini jelas keliru. Saat Teduh adalah kesempatan yang terbaik untuk mempelajari Firman Tuhan secara pribadi setiap hari. Kebenaran Firman Tuhan yang ditemukan melalui perenungan pribadi itulah yang akan menjadi sumber kekuatan rohani bagi Anda. Karena itulah kami menganjurkan Anda melakukan Saat Teduh dengan metode 4B.

Metode Empat-B (4B)

Metode Empat-B (4B) adalah cara yang sangat sederhana untuk mempelajari Alkitab, yang dapat (dan seharusnya) dilakukan oleh setiap orang Kristen setiap hari. Jadi metode 4B ini sangat baik apabila dilakukan dalam Saat Teduh yang Anda lakukan setiap hari. Metode ini mengajak Anda melakukan empat hal: Berdoa, Belajar, Berbuat, dan Berbagi.

Langkah 1# – Berdoa

  • Sebelum mulai membaca Alkitab berdoalah minta bimbingan Roh Kudus. Bimbingan Roh Kudus mutlak Anda perlukan, bukan saja agar Tuhan melalui Alkitab berbicara kepada Anda, melainkan juga supaya hati Anda terbuka untuk menerima sabda-Nya.

Langkah 2# – Belajar

  • Proses belajar tentu saja harus Anda mulai dengan membaca. Bacalah paling sedikit dua kali.
  • Setelah membaca Anda dapat melanjutkan dengan mempelajari lebih mendalam apa yang tertulis di sana. Proses belajar ini dapat Anda lakukan dengan bantuan beberapa cara: merekonstruksi peristiwa, melibatkan diri dalam peristiwa, mempersonalkan nama/ kata ganti, atau memberi perhatian pada kata-kata tertentu.
  • Anda dapat juga mengajukan beberapa pertanyaan tentang: Allah, manusia, dosa, keselamatan, teguran, perintah dan janji Tuhan yang dapat Anda pelajari dari perikop tersebut. Tuliskanlah dengan singkat minimal satu pokok ajaran penting yang Anda peroleh pada hari ini.

Langkah 3# – Berbuat

  • Alkitab adalah buku yang praktis. Anda perlu mempelajari Alkitab bukan supaya Anda menjadi seorang ahli tafsir Alkitab, melainkan supaya Anda melakukan firman Tuhan dalam kehidupan Anda. Tuhan menghendaki terjadinya perubahan hidup Anda oleh firman Tuhan. Tuhan menghendaki Anda menjadi pelaku firman (Yak 1:22). Karena itu catatlah satu atau beberapa hal yang akan Anda lakukan untuk menerapkan ajaran tersebut dalam kehidupan Anda. Sifat dari proyek aplikasi ini adalah:
    · pribadi (Anda yang melakukan, bukan orang lain)
    · praktis (dapat dilakukan, tidak muluk-muluk)
    · konkrit (dapat diukur/ dilihat).

Langkah 4# – Berbagi

  • Bagikanlah apa yang Anda pelajari hari ini kepada minimal seorang teman Anda. Anda dapat berbagi melalui kesaksian di sektor, melalui telpon atau SMS. Yang Anda bagikan bisa berupa kalimat yang Anda tulis di langkah 2, atau salah satu ayat kunci dari perikop yang Anda baca.

Daftar Bacaan dan Pertanyaan 4B

Untuk membantu Anda melakukan Saat Teduh dengan metode 4B, kami menyiapkan daftar bacaan Alkitab berikut dengan pertanyaannya. Daftar bacaan dan pertanyaan ini akan menolong Anda melakukan “B” yang kedua, yaitu belajar. Setelah membaca dua kali bagian Alkitab tersebut, pelajarilah lebih mendalam dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia.
Bahan Alkitab yang dipilih juga telah diselaraskan dengan susunan daftar bacaan yang kita gunakan dalam kebaktian Minggu (yang disebut leksionari). Dengan demikian Anda akan dapat menikmati kotbah yang disajikan pada hari Minggu dengan lebih baik. Bukan itu saja. Jika melakukan metode 4B dengan bahan ini maka dalam kurun waktu 3 tahun Anda akan telah membaca seluruh Alkitab, dan bahkan telah merenungkannya dengan cukup mendalam! – Pdt. Timotius Wibowo

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

2 Comments for this entry

  • Pdt. Joubert Koroh says:

    Salam sejahtera Pak Pdt. Timotius, apakah saya bisa mendapatkan Daftar-daftar dan bacaan-bacaan Alkitab metode 4 D yang lama atau pun yang baru, saya rindu sekali untuk membagikannya kepada anggota jemaat di Gereja yang saya layani, yaitu Gereja Kristus Bogor, Jln. Siliwangi No. 51 Bogor16142.

  • Stefanus says:

    Pak Joubert,
    Apakah sdh direspon oleh Pdt Timotius?
    Saran saya lewat cbox aja pak, supaya lebih terbaca,
    Thanks, TUhan memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«