suplemenGKI.com

Minggu , 27 Juli 2014

Matius 13:44-50

Pengantar

Berbagai penjelasan tentang Kerajaan Sorga disampaikan oleh TUHAN YESUS dengan bahasa kiasan yang mudah dimengerti oleh masyarakat pada waktu itu. Dalam bacaan hari ini, apa saja yang dipakai oleh TUHAN YESUS sebagai kiasan Kerajaan Sorga?

Pemahaman

  • Ayat 44-46   : Pesan apakah yang dapat kita tangkap dari perumpamaan dalam ayat-ayat ini?
  • Ayat 47-50   : Apakah keunikan pukat sehingga  dipakai sebagai ilustrasi Kerajaan Sorga?

Bacaan hari  ini menjelaskan tentang Kerajaan Sorga  melalui beberapa kiasan yaitu:

1. Harta Terpendam

Kerajaan Sorga diumpamakan dengan seseorang  yang  dengan sukacita menjual seluruh harta miliknya demi membeli ladang yang mengandung harta terpendam.  Pada jaman dulu orang biasa memanfaatkan tanah sebagai tempat paling aman untuk menyimpan harta yang paling berharga. Pastilah orang itu tahu bahwa nilai harta terpendam lebih besar daripada nilai harta miliknya.  Melalui perumpamaan ini, TUHAN YESUS hendak menjelaskan  bahwa Kerajaan Sorga sangat bernilai dan berharga. Oleh karena itu orang rela berkorban demi  Kerajaan Sorga.

2.    Mutiara berharga

Pada zaman dulu seorang pedagang biasanya menyusuri pasar-pasar dunia untuk mencari mutiara yang sangat indah. Menemukan Kerajaan Sorga dapat dibandingkan dengan menemukan mutiara yang indah.  Kerajaan Sorga adalah hal paling indah di dunia melebihi apa pun. Oleh karena itu orang rela berjuang mencarinya bahkan rela mengorbankan apa pun demi memperoleh keindahan Kerajaan Sorga.

3.    Pukat

Pukat merupakan jala besar berbentuk segi empat dengan tali-tali pada tiap sudutnya, diberi pemberat sehingga  ia tergantung tegak  di dalam air. Ketika kapal mulai bergerak, pukat ditarik dengan membentuk sebuah kerucut besar sehingga segala jenis ikan terjerat di dalamnya. Pukat itu kemudian ditarik ke darat dan hasil tangkapannya dipisah-pisah. Barang yang tak berguna dan ikan-ikan jelek dibuang. Ikan yang baik  dimasukkan pasu. Kerajaan Sorga seperti pukat yang disebarkan kepada semua orang tanpa kecuali. Ia menjaring tanpa batas. Akan tetapi pada akhirnya hasil tangkapan harus dipilah-pilah. Ada pemisahan yang dilakukan dengan dasar keadilan dan kasih ALLAH.  Oleh karena itu marilah menyadari bahwa Kerajaan Sorga bukan hanya sebuah ide yang indah dan berharga tapi mesti mewujud nyata dalam kehidupan. Kerajaan Sorga bukan hanya untuk dirindukan tapi perlu dibangun dalam kehidupan masa kini.

 

Refleksi

Apakah Anda selalu mau mengorbankan “yang indah dan berharga” dalam pandangan Anda demi Kerajaan Sorga? Apakah yang telah Anda korbankan demi Kerajaan Sorga?

Tekadku

TUHAN, mantapkanlah langkahku untuk berani mengorbankan milikku yang indah dan berharga demi  Kerajaan Sorga yang jauh lebih indah dan berharga.

Tindakanku

Mulai hari ini aku akan terus berjuang untuk bisa berkorban dan menyangkal diri demi mengarahkan hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang menghadirkan Kerajaan Sorga yang indah dan berharga  bagi dunia sekitarku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*