suplemenGKI.com

Senin, 9 Juni 2014.

08/06/2014

Bacaan : Kejadian 1 : 1-5 ( 6-25)

“Tuhan Yang Maha Kuasa”

PENGANTAR
Kejadian pasal 1 dan 2 sebenarnya merupakan suatu kesaksian iman tentang Allah yang Mahakuasa sebagai pencipta langit dan bumi (alam semesta).Menurut kesaksian Alkitab karya penciptaan itu  terjadi hanya melalui kuasa Firman Allah saja. Jadi bilamana Allah berfirman, “Jadilah terang”, maka “Terang” itu jadi. Jika Allah berfirman, “jadilah Cakrawala ditengah segala air untuk memisahkan air dari air” maka hal itu langsung menjadi kenyataan. Demikian seterusnya sampai penciptaan terakhir.

PEMAHAMAN.

1. bagaimana pemahaman anda tentang Tuhan Allah sebagai Pencipta ?
(ayat 1-2).

2. Tuhan Allah menciptakan alam semesta dengan kuasa Firman !
apa yang anda pahami tentang hal itu ? ( ayat 3-5).

3. pelajaran berharga apa yang saudara dapat dari bacaan kita hari ini ?
Jika kita perhatikan dengan seksama perihal penciptaan maka kita
akan mendapatkan beberapa hal yang penting.

Pertama :  Bahwa Tuhan Allahlah yang menciptakan langit dan bumi ( alam semesta dengan segala isinya ). Hal ini untuk menjawab teori evolusi yang mengatakan bahwa alam semesta terjadi melalui proses kimiawi berjuta-juta tahun yang lalu, artinya menurut teori evolusi bahwa alam semesta ini tidak diciptakan. Sedangkan menurut kesaksian Alkita justru sebaliknya yaitu bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan yang Mahakuasa. KeMahakuasaanNYA sanggup melakukan apa saja menurut kehendakNya.

Kedua : Alkitab memberi kesaksian bahwa karya penciptaan dilakukan oleh Allah Tritunggal, yaitu Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. (ayat 1,2 band Yoh 1:3)

Ketiga : bahwa Allah Tritunggal menciptakan alam semesta ini dengan kuasa Firman. Kita percaya bahwa Tuhan Allah Yang mahakuasa adalah Allah yang memiliki Otoritas dalam menciptakan alam semesta ini. Tuhan tidak perlu bersusah-susah seperti seorang “tukang” yang bekerja keras secara fisik, tetapi sebaliknya, Tuhan Allah hanya cukup melakukan dengan kuasa FirmanNya saja, maka apa yang di Firmankan ( katakan ) langsung jadi kenyataan. Seperti kata pemazmur, “sebab Dia berFirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada” ( Mazmur 33 : 9 ).

Dengan demikian kita menyadari bahwa Tuhan Allah yang Mahakuasa adalah Sang pencipta alam semesta, sehingga hal itu mengajak kita untuk terus beriman dan bersembah sujud/beribadah hanya kepadaNya. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan, bahwa Tuhan Allah kia adalah Tuhan yang Mahakuasa yang menciptakan alam semesta hanya dengan ber Firman. Bagaimana sikap kita seharusnya ? sudahkah saudara beriman dan beribadah kepadaNYA ?

TEKADKU
Ya Tuhan, Allah yang Mahakuasa, tolonglah saya agar saya dapat menjlani hidup ini dengan terus beriman dan beribadah kepada Tuhan.

TINDAKAN
Dalam minggu ini saya akan mengingatkan teman-teman digerejaku agar mereka hidup takut akan Tuhan dan saya akan mengajak mereka untuk beribadah kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*