suplemenGKI.com

Yesaya 34:1-17

JANGAN MEMBATASI KEDAULATANNYA

PENGANTAR

Selama dua hari berturut-turut kita akan mempelajari Yesaya pasal 34 dan 35. Dua pasal tersebut merupakan bagian penutup dari Yesaya pasal 28-35.  Yesaya pasal 28-35 itu sendiri merupakan bagian dari nubuatan panjang mengenai Yehuda dan bangsa-bangsa di sekitarnya yang sudah dimulai sejak Yesaya pasal 13.  Tema pokok yang dibicarakan di seluruh bagian tersebut (pasal 13-35) adalah kedaulatan Tuhan atas bangsa-bangsa.  Dalam perikop kita hari ini, Yesaya 34, kedaulatan Tuhan dinyatakan dalam bentuk hukuman terhadap bangsa-bangsa yang kuat namun jahat, yang telah mendatangkan penderitaan atas umat-Nya.

PEMAHAMAN

  • Ay. 1-4.  Dalam hal apa sajakah kedaulatan Tuhan atas bangsa-bangsa diungkapkan di sini? Sebutkan tiga hal berdasarkan ayat 1, ayat 2-3, dan ayat 4.
  • Ay. 5-17.  Mengapa Edom (ay. 5) disebut secara khusus? (lihat ayat 8, dan lihat juga Bil. 20:14-21 dan Maz. 137:7). Hal apa saja yang akan menimpa Edom? Pesan apa yang hendak disampaikan di sini?

Di ayat 1-4 kedaulatan atau kekuasaan Tuhan atas bangsa-bangsa diungkapkan secara bertahap. Pertama-tama, di ayat 1, dinyatakan kedaulatan Tuhan untuk menghakimi bangsa-bangsa. Sebagai Hakim, Tuhan memiliki wewenang dan kuasa untuk memanggil mereka dan mendakwa mereka. Kemudian, di ayat 2-3, Tuhan menyatakan murka-Nya atas mereka sekaligus menyatakan hukuman kepada mereka. Mereka semua akan ditumpas tanpa ada yang dapat menolong mereka. Bahkan, tidak ada yang akan mengurus mayat-mayat mereka. Pada puncaknya, ayat 4, ditegaskan kekuasaan Tuhan atas alam semesta. Penegasan ini ditujukan khusus kepada bangsa-bangsa yang menganggap bahwa merekalah bangsa yang terkuat di bumi.  Di sini  ”tentara” disebut secara khusus untuk menegur mereka bersikap arogan karena kekuatan militer mereka.

Edom disebut secara khusus sebagai musuh umat-Nya yang akan menerima  pembalasan dari Tuhan (ay. 5, 8).  Edom telah memusuhi umat Tuhan sejak mereka keluar dari Mesir (Bil. 20:14-21) dan berlanjut di zaman raja-raja hingga kehancuran Yerusalem (Maz. 137:7). Hukuman atas Edom dinubuatkan dalam dua bagian. Bagian pertama (ay. 5-8) bernubuat tentang penduduk Edom beserta ternak yang mereka miliki yang akan mati binasa karena perang. Bagian kedua (ay. 9-17) menubuatkan tanah dan lahan mereka yang akan rusak total sehingga tidak bisa dihuni lagi. Nubuatan ini, di satu sisi, menegaskan totalitas hukuman yang Tuhan berikan kepada bangsa yang jahat. Namun, di sisi lain, nubuatan ini juga menegaskan totalitas perlindungan yang Tuhan berikan kepada umat-Nya.

REFLEKSI
Masalah dan penderitaan kita bisa datang dari berbagai sumber, namun tidak ada sumber masalah yang berada di luar jangkauan kedaulatan-Nya.

TEKADKU
Tuhan, ampunilah aku yang telah membatasi kedaulatan-Mu dan menganggap masalahku terlalu besar bagi-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan menuliskan masalah-masalah yang sedang aku hadapi dan membawanya kepada Tuhan dalam doaku setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*