suplemenGKI.com

Senin, 9 April 2018.

08/04/2018

Bacaan : Kisah para rasul 3 : 11-16.

Thema : Ada Kesempatan, harus di laksanakan.

PENDAHULUAN
Petrus dan Yohanes menyembuhkan seorang pria yang lumpuh sejak lahir, di pintu gerbang bait suci. Banyak orang sangat takjub menyaksikan peristiwa tersebut. Dan Petrus melihat hal tersebut sebagai sebuah kesempatan yang baik untuk bersaksi kepada orang-orang yang menyaksikan peristiwa tersebut tentang Yesus kristus. Bahkan Petrus mengajak mereka untuk bertobat.

PEMAHAMAN.

  1. Seandainya anda berada diantara orang-orang di bait suci, bagaimanakah pandangan anda terhadap Petrus dan Yohanes ?
  2. Apakah Petrus mencari penghargaan pribadi, pada waktu penyembuhan orang lumpuh tersebut ?
  3. Bagaimana Petrus memakai kesempatan tersebut untuk bersaksi tentang Yesus Kristus ?

Seandainya kita berada di antara orang-orang yang menyaksikan peristiwa penyembuhan orang lumpuh tersebut, mungkin kita akan kagum kepada orang yang melakukan penyembuhan tersebut. Paling tidak kita akan mencari tahu, siapa pribadi yang begitu luar biasa di pakai oleh Allah. Atau mungkin kita akan langsung memuliakan Tuhan Allah, dengan berseru “Halleluya” atau “Terpujilah Tuhan”, atau seruan yang lain. Hal tersebut akan sangat menguatkan iman kita. Itulah yang dialami oleh orang-orang yang yang menyaksikan peristiwa penyembuhan terhadap orang lumpuh tersebut. Orang-orang takjub kepada Petrus. Namun Petrus menjelaskan kepada semua orang yang hadir bahwa apa yang dilakukannya bukan untuk mencari penghargaan atau hormat manusiawi melainkan untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan.

Melihat, banyaknya orang yang berkerumun menjadi takjub terhadap peristiwa tersebut maka Petrus menjadikan peristiwa tersebut untuk bersaksi tentang Yesus Kristus. Dalam kesaksiannya Petrus menekankan bahwa Yesus Kristus  menderita dan mati atas kayu salib untuk menebus dosa umat manusia. Namun pada hari yang ke tiga Yesus Kristus telah bangkit dari kematian. Kebangkitan adalah bukti bahwa Kristus tidak dapat di hancurkan dan DIAlah Tuhan yang berkuasa atas kehidupan dan kematian. Dalam kuasa kebangkitan-Nya terletak rahasia pengharapan kehidupan Kristen, yaitu sebuah kehidupan kekal bersama Kristus yang bangkit.

Sebuah kesempatan yang tidak disia-siakan oleh Petrus untuk bersaksi kepada semua yang hadir di Bait Suci agar mereka mendengar berita kebenaran Allah. Kitapun seharusnya seperti Petrus, ketika ada kesempatan yang baik untuk bersaksi, marilah kita bersaksi kepada sesama.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : pernahkah anda memiliki kesempatan yang baik untuk bersaksi tentang Kristus ? Apakah saudara memanfaatkan kesempatan baik tersebut untuk bersaksi ?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya untuk berani bersaksi tentang kebesaran-Mu , dalam setiap kesempatan yang baik.

TINDAKANKU
Saya harus mempergunakan setiap kesempatan yang baik  untuk bersaksi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«