suplemenGKI.com

Kitab Daniel ditulis pada masa-masa yang sulit yang dihadapi oleh bangsa Israel, dimana orang-orang Yahudi mendapat tekanan dari bangsa-bangsa asing. Melalui kitab ini diharapkan orang yahudi dapat tetap tegak dan meneladani kehidupan Daniel bersama dengan kawan-kawannya.

1.       Ay 1, menuliskan munculnya Mikhael, siapakah Mikhael itu?

2.       Ay 2-3, Apa yang digambarkan tentang akhir jaman dalam ayat ini, jelaskan?

3.       Ay 4-9, Pesan apakah yang Daniel terima?

4.       Ay 10-13, Apa yang akan terjadi pada kesudahan jaman baik bagi orang benar maupun bagi orang fasik?

 

Renungan:

                Kitab Daniel menceritakan masa-masa yang sulit bagi bangsa Israel, sebagian orang yang baik-baik diambil dan dibawa kepembuangan di Babel, sebagian yang lain masih tinggal di Israel. Dalam pasal 12 ini, Daniel menubuatkan akan datangnya Mikhael, pemimpin besar yang siap menantang lawan-lawan bangsa Isarel. Mikhael ini adalah malaikat pelindung Isarel, yang siap menjaga bangsa Isarel.

                Bagian ini juga mengambarkan keadaan dan kondisi akhir jaman, adanya kesesakan yang besar dan adanya kebangkitan orang mati. Barang siapa yang namanya tertulis dalam Kitab itu, ia akan dibangkitkan dan menerima hidup kekal, sedangkan namanya yang tidak ada dalam Kitab itu, akan dibangkitkan untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

                Bagian ini juga menubuatkan bahwa bangsa Isarel akan mengalami penderitan yang besar, namun bangsa yang menindasnya juga akan dilenyapkan oleh Tuhan. Daniel diharapkan untuk menyimpan Firman, karena Firman berguna sampai akhir jaman.

                Kesudahan jaman juga ditandai dengan banyaknya orang-orang yang akan dimurnikan dan diuji,sehingga mereka ini disebut sebagai orang yang bijaksana,  namun orang yang fasik tidak mengetahui akan hal tersebut. Pada akhir jaman juga akan ditunjukkan orang-orang yang menyembah berhala dan orang-orang yang berbahagia karena menyembah Allah yang benar.

                Kitab ini ingin mengajarkan bahwa walaupun Daniel hidup sebagai tawanan  dan mengalami berbagai-bagai tantangan serta ancaman hidup, Daniel tetap percaya kepada Allah bangsa Israel, tetap setia walau maut mengancam.

                Bagaimana kita mempertahankan iman yang benar di tengah-tengah dunia ini? Mari kita belajar seperti Daniel, tetap setia mempertahankan iman yang benar walaupun nyawa yang harus menjadi taruhannya. Daniel juga tidak mengambil jalan pintas untuk sebuah kesuksesan, ia rela menjalani walaupun harus menderita.

                Mengetahui tanda-tanda akhir jaman itu baik, namun lebih baik lagi adalah untuk kita hidup menunjukkan kualitas iman kita yang baik dan dapat dipertanggung-jawabkan kepada Tuhan dan sesama.

               

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*