suplemenGKI.com

Senin, 8 Juli 2019

07/07/2019

BERKAT BAGI YANG BERTOBAT

Ulangan 30:1-10

Pengantar
Dalam Ulangan 28:64-68 Musa menuliskan ketidakberdayaan dan ketidakpercayaan orang Israel dalam perserakan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain. Hal ini adalah peringatan bagi mereka jika mereka tidak mau mendengarkan segala ketetapan dan perintah Tuhan. Dalam bacaan kita hari ini Musa akan menjelaskan kepada kita jika umat Tuhan mau berubah dan bertobat kepada Tuhan maka Tuhan akan menyediakan pemulihan dan berkat bagi umat-Nya. Mari kita renungkan.

Pemahaman

  • Ayat 1-2         : Apakah yang akan terjadi kepada umat Tuhan setelah berkat dan kutuk telah diperhadapkan kepada mereka?
  • Ayat 3-10       : Sebutkan karya apa saja yang Tuhan akan kerjakan kepada umat-Nya jika mereka bertobat dengan sungguh dan berbalik kepada-Nya?
  • Sudahkah kita berbalik kepada Tuhan dan bertobat dengan sungguh? Apa alasan kita ketika bertobat?

Di awal penjelasannya Musa mengatakan bahwa jika berkat dan kutuk (dijelaskan dalam perikop sebelumnya Ul. 28:1-46) telah berlangsung dan telah diperhadapkan kepada umat-Nya, maka mereka akan mengalami tiga hal. Pertama, mereka akan memiliki hati yang sadar di tengah-tengah segala bangsa, kemana TUHAN Allah menghalau mereka (Ay. 1). Kedua, mereka akan berbalik kepada Tuhan, dan yang ketiga, mereka akan mendengarkan suara Tuhan sesuai dengan segala yang Tuhan perintahkan pada saat itu (Ay. 2).

Apabila umat Allah telah berbalik kepada Tuhan atau bertobat dengan sungguh-sungguh dan mereka mau mendengarkan suara Tuhan dengan segala perintah-perintahnya, maka Tuhan akan memberikan berkat kepada mereka: Tuhan akan memulihkan keadaan mereka, menyayangi mereka dan mempersatukan mereka sekalipun mereka telah tercerai-berai (Ay. 4-5). Tuhan akan membawa mereka masuk ke negeri yang sudah dimiliki oleh nenek moyang mereka (Ay. 6). Tuhan akan menyunat atau mengubahkan hati mereka dan hati keturunan mereka supaya mereka mengasihi Tuhan dengan segenap hati (Ay. 6). Tuhan akan menjatuhkan segala sumpah serapah kepada para musuh (Ay. 7). Dan Tuhan akan melimpahi mereka dengan kebaikan dalam segala pekerjaan, dalam buah kandungan, dalam hasil ternak dan hasil bumi mereka (Ay. 9). Semua ini akan Allah berikan jika mereka sungguh-sungguh mau mendengarkan segala perintah dan ketetapan Tuhan dan bertobat dengan segenap hati dan jiwa mereka.

Refleksi
Renungkanlah: Jika kita bertobat dengan sungguh, Allah bukan hanya berjanji untuk memulihkan dan memberkati kehidupan kita dengan limpah, tetapi Allah juga akan mengubah hati kita untuk mampu mengasihi-Nya dan mentaati segala perintah dan ketetapan-Nya.

Tekadku

Ya Tuhan, tolong saya untuk bisa memiliki hati yang selalu sadar akan kasih setia dan kemurahan-Mu, sehingga saya sanggup untuk bertobat dengan sungguh-sungguh dari segala dosa dan hidup taat terhadap segala perintah dan ketetapan-Mu.

Tindakanku
Setelah membaca renungan ini, saya akan menuliskan komitmen di buku catatan/diary atau di handpone (yang selalu saya bawa kemana-mana) untuk bertobat dari dosa atau kebiasaan buruk yang sampai sekarang masih saya lakukan. Supaya saya bisa selalu ingat untuk berubah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«