suplemenGKI.com

Senin, 8 Februari 2021

 

BERANI DAN TUHAN AKAN MELENGKAPI

Kisah Para Rasul 14:1-7

 

Pengantar
Penolakan adalah salah satu hal yang tidak menyenangkan untuk diterima oleh siapapun. Penolakan juga dapat membuat seseorang merasa gagal atas hal yang tengah diusahakan. Penolakan dapat berujung pada kekecewaan dan merasa diri menjadi tidak berharga. Di sisi lain, penolakan bukanlah akhir dari segalanya. Penolakan dapat menjadi indikator bahwa seseorang perlu berusaha lebih giat lagi lewat berbagai cara, bahkan melalui penolakan seseorang mampu bangkit lebih hebat dalam berbagai karya selanjutnya.

Pemahaman

  • Ayat 1-2                : Apa tantangan pelayanan Paulus dan Barnabas di Ikonium?
  • Ayat 3-7               : Apa yang membuat mereka berani dalam menjalankan pelayanannya?

Paulus dan Barnabas sedang berada pada perjalanan ke beberapa kota untuk memberitakan Injil. Mereka memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi dan Yunani. Ikonium adalah salah satu daerah yang menjadi tujuan mereka. Di Ikonium, mereka menyampaikan pengajaran tentang Yesus Kristus yang menghasilkan pertobatan dari mereka yang mendengarkannya.

Di Ikonium juga terdapat banyak rumah ibadah orang Yahudi dan mereka mengajar di sana. Sebagian besar dari orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani yang mendengarkan pengajaran itu menjadi percaya, akan tetapi orang-orang Yahudi yang menolak pengajaran tentang Kristus memicu pertentangan dengan Paulus dan Barnabas.

Paulus dan Barnabas tidak mudah menyerah. Mereka terus berani dalam menyampaikan pengajaran tentang Kristus di tengah-tengah lingkungan daerah Ikonium pada saat itu. Paulus dan Barnabas kokoh dalam pendirian yang membuat mereka berani untuk terus maju memberitakan dan mengajar tentang Yesus Kristus. Hasil yang baik dari keberanian itu adalah munculnya golongan yang percaya akan ajaran Paulus dan Barnabas, namun juga muncul golongan yang memihak kepada orang Yahudi dan berusaha mengusir Paulus dan Barnabas. Para rasul begitu tangguh dalam menjalani panggilan mereka karena mereka percaya kepada Tuhan. Dalam kepercayaan kepada Tuhan, ternyata Tuhan selalu melengkapi mereka untuk dapat berhadapan dengan situasi pelayanan, termasuk dengan memberikan kepada mereka kuasa yang membuat orang-orang di Ikonium segera mengikut Kristus.

Pada akhirnya, pengajaran mereka di Ikonium tidak berjalan dengan baik. Pecahnya orang banyak menjadi dua golongan, serta adanya orang Yahudi yang tidak mengenal Tuhan beserta pemimpin mereka mulai melempari Paulus dan Barnabas dengan batu. Ada gerakan dari golongan orang Yahudi untuk mengusir Paulus dan Barnabas dari Ikonium. Paulus dan Barnabas pergi menyingkir dari Ikonium dan melanjutkan pemberitaan Injil di wilayah lainnya. Kisah Paulus dan Barnabas di Ikonium memang tidak berakhir dengan menggembirakan. Di balik penolakan itu kita dapat melihat bahwa Tuhan tetap berkarya melalui mereka. Mereka berani karena percaya kepada Tuhan dan Tuhan melengkapi mereka untuk menghadapi situasi yang sulit.

Refleksi
Tidak banyak dari kita yang mampu gigih dan berani berjuang dalam menunjukkan setiap nilai kebenaran Firman Tuhan. Jika sudah mengalami penolakan, maka secara perlahan kita akan mundur selangkah demi selangkah menjauh dari keberanian itu. Sesungguhnya kita tengah dimampukan untuk berani mengabarkan kebenaran karena Dia akan melengkapi setiap anak-Nya yang berani untuk memberitakan kebenaran melalui perkataan dan tindakan. Setiap kali kita berani mengambil langkah, maka Tuhan juga akan melengkapi kita dengan berbagai kebaikan yang dapat kita terima. 

Tekadku
Tuhan, berikan saya keberanian untuk dapat melakukan setiap kebenaran Firman-Mu di dalam kehidupan. Ajar saya agar selalu percaya bahwa Engkau pasti menyertai dan melengkapi setiap kali saya melangkah dalam keberanian.

Tindakanku
Dengan yakin, berani, dan optimis, saya akan melakukan satu nilai kebenaran Firman Tuhan untuk saya tunjukkan di dalam aktivitas saya pada hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«