suplemenGKI.com

Jangan Mencemooh Hikmat

Amsal 1:20-33

Pengantar

Kitab Amsal banyak membicarakan perbedaan antara orang bijak dengan orang bebal. Salah satu ayat dalam kitab ini misalnya menyebutkan “Lidah orang bijak mengeluarkan pengetahuan, tetapi mulut orang bebal mencurahkan kebodohan.” (Amsal 15:2). Ayat yang lain menyebutkan “Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati.” (Amsal 11:2).

Alkitab mengajarkan kepada kita, bahwa takut akan Allah adalah permulaan hikmat (Amsal 1:7, bdgkan Amsal 9:10). Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian (Amsal 2:6). Mencemooh atau memandang rendah hikmat adalah ciri orang bebal yang penuh keangkuhan. Ia menghina sang pemberi hikmat, yakni Tuhan sendiri. Sebaliknya orang bijak takut akan Tuhan dan senantiasa memperhatikan hikmat.

Pemahaman

Ayat 20-25    : Menurut Sdr mengapa Hikmat sampai perlu berseru-seru? Adakah Hikmat memperoleh tanggapan dari kerumunan orang sebagaimana yang diharapkan?

Ayat 26-31     :Apa balasan Hikmat kepada orang-orang yang mengabaikannya ketika mereka sedangmenghadapi kesukaran dan kecemasan? Mengapa Hikmat bersikap demikian?

Ayat 32-33     :Apa yang akan terjadi pada orang bebal? Sebaliknya apa yang akan dialami oleh orang yang memperhatikan Hikmat?

Dengan gaya bahasa personifikasi, perikop ini menggambarkan hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, bahkan di atas tembok-tembok untuk menarik perhatian manusia di tengah hiruk pikuk keseharian hidupnya. Namun sungguh sayang hanya orang bijak yang menghargai dan memperhatikannya. Sebaliknya orang bebal gemar mencemoohkan hikmat dalam keangkuhannya sehingga ia dibinasakan oleh kelalaiannya (Amsal 1:32b).

Refleksi

Apakah selama ini aku lebih cenderung berlaku seperti orang bebal yang mengabaikan hikmat dan bahkan mencemooh teguran?

Tekad

Aku bertekad untuk menyediakan lebih banyak waktu untuk memperhatikan Firman Tuhan dan lebih terbuka untuk menerima nasihat dan teguran dariNya, baik melalui Alkitab maupun orang-orang yang diutusNya.

Tindakan

Mulai hari ini aku berhenti bersikap seperti orang bebal yang suka mencemooh (memandang rendah) orang lain dan tidak mau belajar dari berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*