suplemenGKI.com

Bacaan : Maleakhi 4 : 1 – 2.

Tema : Hari Tuhan akan datang.

Hari Tuhan mengacu kepada Kedatangan Kristus, baik kedatangan Kristus yang pertama ( Kelahiran-Nya ) maupun yang kedua ( Akhir Zaman ). Sang nabi menggambarkan kedua kedatangan tersebut seolah-olah terjadi dalam waktu yang bersamaan atau selang waktu tidak terlalu lama. Bagi kita kedatangan Kristus yang pertama sudah digenapi, dan kini kita sedang menunggu kedatangan Kristus yang kedua. Marilah kita merenungkan penggambaran nabi Maleakhi tentang hari Tuhan. Seperti apa?

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana sang Nabi menggambarkan hari Tuhan ? ( ayat 1 )
  2. Apa yang akan dialami oleh orang beriman pada saat hari Tuhan ? ( ayat 2 )
  3. Pelajaran apa yang kita dapatkan dari ayat-ayat ini ?

Hari Tuhan akan datang seperti api yang tidak dapat dipadamkan, maksudnya Allah akan datang dengan kuasa penuh dan nyata pada waktu yang ditentukan-Nya untuk menghakimi umat manusia. Setiap orang yang hang berbuat jahat dan menolak Allah dalam hati dan dalam hidupnya akan dihukum Allah. Hukuman Allah itu akan dijatuhkan kepada semua orang yang berusaha menjauhkan diri dari Allah dan yang melawan Allah/orang fasik. ( ayat 1 )

Sedangkan orang-orang yang takut akan Allah atau orang-orang yang percaya dan setia kepada Allah akan mengalami kebahagiaan. Mereka akan diberkati secara luar biasa yaitu semua dosa dan masalahnya akan dihapuskan dan diampuni oleh Allah. Allah akan memerdekakan mereka dari semua ikatan keduniawian. Bahkan Tuhan akan memberkati mereka/umat-Nya dengan kehidupan yang sempurna.

Setiap orang percaya harus menyadari bahwa hari Tuhan pasti datang. Yang paling penting adalah bagaimana hidup kita sekarang ini. Apakah hidup kita seperti orang fasik atau kita hidup takut akan Tuhan. Jika hidup kita seperti orang fasik maka kita tidak akan luput dari hukuman kekal, tetapi jika kita hidup dengan takut akan Tuhan maka kita akan menerima kebahagiaan dalam kehidupan kekal. Tentukanlah sikap saudara hari ini. Amin.

REFLEKSI.

Renungkanlah : bagaimana saudara menjalani kehidupan sekarang ?  seperti orang fasik atau hidup takut akan Tuhan ?

TEKADKU.

Ya Tuhan ampunilah saya karena selama ini saya menjalani kehidupan seperti orang fasik. Tolonglah saya agar mulai saat ini saya menjalani hidup dengan takut akan Tuhan.

TINDAKANKU.

Mulai hari ini saya harus bertobat dari cara hidup yang sia-sia dan menjalani hidup dengan beriman dan setia kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*