suplemenGKI.com
Hukuman Kekal

Hukuman Kekal

Zefanya 1:1-18

Penghukuman Dari Tuhan

                 Pada bagian ini kitab Zefanya, menceritakan bagaimana Tuhan akan menghukum umatNya, yang telah meninggalkan Tuhan dan mengikuti illah lain. Nabi Zefanya diutus Tuhan untuk mengingatkan umatNya akan datangnya penghukuman dari Tuhan.

  1. Berita apa yang disampaikan Tuhan kepada nabi Zefanya untuk umatNya?
  2. Siapa sajakah yang diperingatkan oleh nabi Zefanya?
  3. Dosa apakah yang diperbuat oleh umat Tuhan pada waktu itu?
  4. Pelajaran apa yang kita dapatkan dari bagian ini?

 Renungan:

                Melalui nabi Zefanya, Tuhan memperingatkan akan menghukum umatNya yang telah meninggalkan Tuhan dan mengganti  dengan penyembahan berhala. Tuhan akan melenyapkan orang-orang fasik dan juga hewan-hewan yang ada. Tuhan juga akan mengenyahkan tempat-tempat Baal dan para imam berhala. Tuhan sendirilah yang akan berperang terhadap Yehuda dan Yerusalem yang telah menjauh dari Tuhan.
                Nabi Zefanya, memperingatkan kepada para pemimpin bangsa, anak-anak raja serta imam-imam bahwa Tuhan akan menghukum mereka semua, karena mereka telah berubah dan meninggalkan Tuhan .
                Tuhan akan menghukum bangsa Israel karena mereka telah berbuat jahat kepadaNya, menyembah berhala dan melakukan penipuan serta kekerasan kepada sesama.
                Penghukuman dari Tuhan berlaku bagi semua orang yang telah menyimpang iman kepercayaannya kepada para Baal dan dewa-dewa , baik penguasa bangsa, bangsawan, kaum rohaniwan dan  rakyat biasa.
                Peringatan nabi Zefanya kepada bangsa Israel rupa-rupanya tidak diindahkan bahkan dianggap angin lalu oleh mereka. Mereka telah dibutakan oleh illah-illah lain dan bahkan mereka bertambah jahat.
                Penyembahan berhala membuat mereka yang dahulu menyembah kepada Tuhan, berpaling dari Tuhan dan meninggalkan Tuhan. Penyembahan berhala telah mampu merebut mereka yang dahulu mencintai Tuhan menjadi orang yang melawan Tuhan.
                Bagaimana dengan kehidupan rohani kita semua? Kita yakin bahwa diantara kita mungkin tidak ada yang menyembah berhala berupa patung-patung yang ada. Namun demikian pernahkah kita berpikir bahwa ketika kita berbuat dosa, sering kali kita menjadi orang yang sulit dinasihati oleh sesama kita. Bahkan kita cenderung  melawan mereka, dosa membuat kita semakin lama semakin jauh dari Tuhan dan sesama kita. Sama seperti berhala yang mampu menjauhkan kita dari Tuhan. Maka hidup yang selalu berjaga-jaga harus tetap kita lakukan, berjaga-jaga untuk tidak jatuh dalam dosa, berjaga-jaga untuk tidak jauh dari Tuhan.
                Maka bersyukurlah kalau kita mempunyai keluarga, teman, sahabat yang mau mengingatkan kita kalau kita jauh dari Tuhan, supaya kita boleh kembali ke jalan yang benar.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*