suplemenGKI.com

APA YANG HARUS KAMI PERBUAT ?

Kisah Para Rasul 2:37-42  

 

Pengantar
Tahukah Saudara arti istilah “Kristen KTP” ? Istilah ini sering dipakai untuk menggambarkan kondisi orang yang di KTP-nya tertulis beragama Kristen namun kehidupannya tidak mencerminkan hidup Kristiani. Imannya tak mewujud dalam perbuatan sehari-hari. Tentu hal ini sangat berbeda dengan yang dialami oleh orang-orang percaya dalam gereja perdana. Bagaimanakah kehidupan iman mereka? Marilah kita  merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 37  : Apa yang membuat orang banyak sangat terharu dan rindu  melakukan sesuatu?
  • Ayat  38-40           :  Apakah isi arahan yang diberikan Petrus kepada orang banyak ?
  • Ayat 41-42            : Apakah yang dilakukan oleh orang banyak setelah mendengar arahan Petrus? 

Kotbah Petrus yang menjelaskan perbuatan-perbuatan ALLAH yang ajaib dan ke-Mesiasan YESUS  telah membuat para pendengar terharu. Hati yang tersentuh kasih TUHAN menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu namun mereka tak tahu  apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu mereka bertanya kepada Petrus, “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?”  Dan Petrus pun memanggil mereka untuk bertobat dan dibaptis dalam nama TUHAN YESUS KRISTUS.

Pertobatan bukanlah tindakan emosional sesaat. Pertobatan mesti dilanjutkan dalam tindakan  yang benar. Maka mereka pun melanjutkan pertobatan dengan dibaptis dan hidup dalam persekutuan yang penuh kasih.  Secara bergilir mereka berkumpul di rumah-rumah, bertekun dalam pengajaran dan berdoa. Mereka juga membudayakan kebiasaan saling berbagi dan melakukan perjamuan kasih. Kegiatan bersekutu ini menjadi berkat bagi semua orang hingga jumlah orang bertobat semakin hari semakin bertambah.

Sesungguhnya berita kasih TUHAN yang menyentuh hati telah membuat mereka merasa dicintai TUHAN dan karenanya mereka pun ingin mencintai TUHAN dengan penyerahan diri sepenuh hati. Kasih adalah kekuatan yang menggerakkan. Bila di hati orang beriman ada kasih yang besar kepada TUHAN maka besar pula perbuatan kasih yang mengespresikan bukti nyata kasihnya.

Dengan hati yang mengasihi TUHAN,  iman mereka bukanlah iman yang kosong tapi iman yang hidup dalam perbuatan sehari-hari. Mereka membangun persekutuan kasih yang memuliakan TUHAN dan dampaknya adalah semakin banyak orang yang mengenal kasih TUHAN dan mau menyerahkan diri untuk diselamatkan TUHAN.

Refleksi
Dalam keheningan, renungkanlah perjalanan iman Saudara! Apakah semakin lama mengikut KRISTUS, Saudara semakin tersentuh kasih TUHAN? Apakah Saudara semakin mengasihi TUHAN dan semakin rindu menyatakan perbuatan kasih yang memuliakan-Nya?

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku untuk mewujudkan imanku dalam perbuatan nyata sehari-hari yang memuliakan Engkau dan menjadi berkat bagi sekitar.

Tindakanku
Setiap pagi aku akan mendaftarkan perbuatan  ekspresi iman yang  akan kulakukan di sepanjang hari ini serta mengevaluasinya pada malam hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«