suplemenGKI.com

Ulangan 30:1-10

 

Pemulihan Tuhan Bagi Yang Bertobat.

Pengantar:

Suatu ketika serombongan pendaki gunung yang terdiri dari anak-anak muda, hendak melakukan pendakian ke sebuah gunung. Namun  BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengingatkan bahwa cuaca saat itu kadang-kadang berubah menjadi sangat ekstrim (terjadi: dingin, badai dan hujan) tanpa bisa diprediksi dengan tepat. Bagi sebagian anggota rombongan, justru merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi, namun bagi sebagian yang lain peringatan itu adalah sinyal bahaya yang harus didengar dan ditaati. Kelompok yang menganggap itu sebuah tantangan secara sepihak melakukan pendakian di luar sepengetahuan anggota rombongan yang lain. Alhasil, kelompok yang bersikeras mendaki itu diterpa badai dan hujan. Rekan-rekannya yang tidak mendaki segera meminta bantuan Tim SAR untuk menolong rekan-rekan mereka yang terjebak cuaca ekstrim. Beruntung semuanya bisa tertolong dan selamat.

 

Pemahaman:

  1. Apakah yang diharapkan oleh Tuhan, jika kita cermati kalimat pada ayat 1-2?
  2. Apakah yang bisa kita pahami dari setiap janji Tuhan yang semuanya disisipi kata “akan” (v3-9) Contoh – V. 3 maka Tuhan “akan” memulihkan…..

Ulangan 30:1-10, ini mempunyai dua poin penting, Pertama: Tuhan menantikan pertobatan bangsa Israel. Kita tahu bahwa setelah bangsa Israel dibebaskan oleh Tuhan dari perbudakan Mesir, mereka telah mengalami begitu banyak pertolongan Tuhan (lih. 29:5-7) Namun keadaan keberkatan itu rupanya membuat mereka terlena dan mulai berpaling dari Tuhan yang telah menolong mereka, kemudian mulai terpengaruh dengan ilah-ilah bangsa-bangsa yang ada di sekitar mereka (Lih. 29:25-26) Tuhan kemudian memperhadapkan kepada mereka berkat dan kutuk. Berkat apabila mereka kembali/bertobat, kutuk apabila mereka semakin menjauh. Pada ayat 1-2, Tuhan menanti mereka untuk sadar dan berbalik kepada Tuhan. Hal ini menunjukkan betapa Tuhan menyayangi umat-Nya. Itu sebabnya poin yang Kedua: Tuhan menjanjikan “akan” memulihkan keadaan mereka (lihv. 3-9) Kata: memulihkan, mengumpulkan, membawa, menyunatkan, menjatuhkan, melimpahi (v. 3-7,9) adalah bentuk tindakkan-2 yang siap dilakukan Tuhan kepada mereka jika mereka bertobat. Kata: mendengarkan dan melakukan di ayat 8 itulah bagian umat sebagai wujud pertobatan dan berbalik kepada Tuhan. Saudara, pemulihan adalah sesuatu yang pasti dari Tuhan, tetapi bagian kita adalah “mendengarkan dan melakukan segala perintah Tuhan” maukah saudara?

Refleksi:
Apakah selama ini kita telah membuka telinga bagi suara Tuhan dan setia pada perintah-Nya?

 

Tekad:
Tuhan, ampunilah saya jika selama ini saya kurang membuka terlinga bagi suara-Mu dan kurang setia melakukan perintah-perintah-Mu.

 

Tindakan:
Saya ingin belajar menjadi seorang pendengar dan pelaku dari setiap perintah Tuhan dengan setia, agar saya dapat mengalami pemulihan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«