suplemenGKI.com

MAZMUR 145

“SELALU ADA ALASAN UNTUK BERSYUKUR”

 

PERTANYAAN PENUNTUN

  1. Ayat 3: Apa alasan pemazmur memuji Tuhan?
  2. Berhentilah sejenak dan pikirkan bagaimana Anda memahami keagungan Tuhan dinyatakan dalam hidup Anda.
  3. Ayat 8-9: Apa alasan pemazmur memuji Tuhan?
  4. Berhentilah sejenak dan pikirkan bagaimana kasih sayang Tuhan dinyatakan dalam hidup Anda.
  5. Ayat 13c-20: Apa alasan pemazmur memuji Tuhan?
  6. Berhentilah sejenak dan pikirkan bagaimana keadilan dan kesetiaan Tuhan telah Anda alami.

 

RENUNGAN

Bagaimana usaha Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas? Apakah Anda hanya menjawab sambil lalu saja, atau Anda sungguh-sungguh berusaha menemukan jawabannya berdasarkan rincian pengalaman hidup Anda bersama Tuhan selama ini?

Kita tidak akan sulit untuk bersyukur bila kita tahu dengan detail dan pasti apa yang dapat Anda syukuri kepada Tuhan. Terkadang dalam kesibukan kita, ucapan syukur kita kepada Tuhan cenderung terasa kering dan sangat umum saja sifatnya. Kita hanya mengucap syukur untuk hal-hal yang memang pada umumnya dialami oleh tiap orang. Kita jarang meluangkan waktu untuk sungguh-sungguh bersyukur dan menikmati semua ucapan syukur tersebut. Belajar dari pemazmur kita dapat melihat bagaimana antusiasme pemazmur terlihat dalam kalimat-kalimat ucapan syukurnya kepada Tuhan. Ia sungguh mengalaminya sehingga ada begitu banyak ucapan syukur yang keluar dari mulutnya. Bahkan antusiasme itu tidak hanya nampak dalam hubungan pribadinya dengan Tuhan, melainkan juga berdampak bagi orang-orang yang mendengar puji-pujiannya. Ia selalu mengajak setiap orang untuk mengucap syukur juga kepada Tuhan. Ketidakseriusan kita dalam mengucap syukur kepada Tuhan pada akhirnya akan membuat kita tidak antusias juga mengajak orang lain untuk merasakan begitu banyak karya Tuhan dan mengajak mereka untuk bersyukur, sebab kita sendiri juga tidak terlalu membangun hidup ucapan syukur kita kepada Tuhan. Mari belajar untuk mengucap syukur dengan sungguh-sungguh dan menikmati setiap ucapan syukur kita kepada Tuhan. Adakalanya kita perlu melatih diri berdoa hanya bersyukur saja dan meninggalkan sejenak daftar permintaan-permintaan kita kepada Tuhan.

 Alihkan pandangan Anda dari apa yang tidak Anda miliki kepada apa yang Anda miliki sekarang! Anda pasti menemukan hal-hal yang dapat Anda syukuri.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*