suplemenGKI.com

MENOLAK DIAM

Yehezkiel 33:7-9

 

Pengantar
Seorang pemuda berusia 21 tahun nekat menghabisi seorang prajurit TNI karena dirinya sakit hati saat ditegur terkait dengan sikap ugal-ugalan di jalan raya.
Di tempat lain, seorang pria membacok tetangganya hingga tewas, karena ditegur berkait dengan suara bising sepeda motor. Beberapa kasus ini merupakan bagian dari sekian banyak kasus yang selalu terjadi berkaitan dengan sebuah teguran. Ternyata keberanian menegur membawa dampak yang bisa membahayakan diri sendiri. Jadi apakah yang harus kita lakukan saat melihat kejahatan atau sikap yang salah? Apakah sebaiknya diam saja ataukah berani menegur? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat  7        :  Apakah tugas yang diberikan TUHAN kepada Yehezkiel?
  • Ayat 8-9  : Mengapa TUHAN memberi tanggungjawab kepada hamba-Nya untuk memperingatkan orang jahat?

Nabi Yehezkiel diutus TUHAN untuk menegur atau memberikan peringatan kepada umat-Nya agar mereka bertobat dari kejahatan yang dilakukan. Tugas ini tidaklah ringan sebab Israel seringkali tegar tengkuk. Israel tidak percaya pada berita Firman TUHAN yang disampaikan nabi Yehezkiel. Mereka justru mencemooh nabi dan berita yang disampaikannya. Oleh karena itu TUHAN meyakinkan Yehezkiel agar ia berani berbicara menyampaikan teguran dan seruan pertobatan. Tugas ini harus dilakukan demi keselamatan umat dan diri nabi juga.

Memang tidak mudah menyampaikan teguran dan seruan pertobatan pada orang-orang yang keras hati. Namun di sekitar kita bahkan di keluarga kita mungkin ada orang-orang yang mengeraskan hati sehingga hidup semau gue. Mereka hidup dalam dosa dan terus berbuat jahat. Apakah Anda berani menegur mereka agar bertobat ? TUHAN memberi kita tanggungjawab untuk menyelamatkan orang lain. Berani menegur dan memperingatkan orang lain  adalah bagian dari upaya untuk menyelamatkannya. Dunia rusak bukan sekedar karena banyaknya orang jahat tapi karena orang baik hanya diam saja ketika melihat kejahatan. Umat pilihan ALLAH menolak diam bila melihat dosa dan kejahatan sebab panggilannya adalah meluruskan jalan yang bengkok dan menyelamatkan dunia dari kerusakan.

Refleksi
Dalam keheningan, ingat dan sebutlah nama orang –orang di sekitar Anda ( dalam keluarga, gereja, tetangga) yang masih hidup menyimpang dari jalan kebenaran Firman Tuhan. Pernahkah Anda menegur mereka dan mengajak mereka bertobat?

Tekadku
Ya TUHAN, berikan aku keberanian untuk memperingatkan keluargaku, temanku dan orang-orang di sekitarku yang sedang hidup dalam dosa.

Tindakanku
Bila melihat teman atau keluarga melakukan tindakan yang salah, aku akan memberanikan diri untuk menegurnya agar ia menyadari kesalahannya dan memperbaikinya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*