suplemenGKI.com

Senin, 4 Oktober 2010

03/10/2010

2 Raja-Raja 5 : 1 – 6.

DARI MANA DATANGNYA PERTOLONGAN.

Bagi bangsa Aram nama Naaman sangatlah berarti. Ia adalah sosok pejuang bagi bangsanya, sehingga bangsa Aram mengalami kejayaan dimasa Naaman menjadi panglima perang. Oleh sebab itu tak heran bila Naaman sangat disayangi Raja Aram dan bahkan seluruh rakyat Aram pasti segan kepada Naaman. Namun ditengah-tengah ketenaran dan kehebatan nama Naaman, Ia sedang menghadapi persoalan yang cukup memalukan pada saat itu, yakni Ia sedang menderita sakit Kusta.

Pertanyaan pendalaman.

  1. Apakah jasa –jasa Naaman kepada Kerajaan Aram ? ( ayat 1 )
  2. Apakah penyakit kusta merupakan aib bagi Naaman ? ( ayat 1 )
  3. Bagaimana Naaman berjuang memperoleh kesembuhan ? ( ayat 1 – 2 )
  4. Bagaimana sikap Naaman terhadap berita dari gadis Israel tentang Nabi Elisa ? (ayat 4 – 6).

Renungan.

Penyakit kusta adalah penyakit yang mematikan secara fisik maupun sosial bahkan dipandang sebagai orang berdosa. Oleh sebab itu orang lain akan memandang rendah kepada mereka yang sakit kusta, dan dampaknya mereka akan dikucilkan dari pergaulan masyarakat dan diasingkan. Akibatnya mereka yang menderita penyakit kusta akan semakin menderita. Akan tetapi dalam bacaan kita hari ini, kita tidak melihat perlakuan seperti itu terhadap Naaman. Hal itu barangkali disebabkan Naaman memiliki banyak  jasa dan prestasi kepada kerajaan sehingga walaupun ia sakit kusta tetap disegani bahkan ia disayangi oleh Rajanya. Inilah yang menyebabkan Naaman juga diterima baik oleh lingkungannya.

Walaupun Naaman disegani dan diterima dengan baik oleh lingkungannya namun penyakit kusta itu tetap menjadi pergumulan yang berat. Barangkali ia telah banyak menjalani pengobatan kesana kemari namun kesebuhan juga belum berpihak pada Naaman. Barangkali ia sudah mendatangi puluhan tabib bahkan dukun namun kesembuhan juga belum ia dapatkan. Lalu kemana lagi ia mencari kesembuhan ? jika ia tidak kunjung sembuh mungkin Naaman lama-kelamaan akan malu dengan penyakitnya. Masa sih seorang Panglima perang terkena kutuk para dewa ( perlu di ingat Naaman seorang Aram ) ? bagaimanapun lama-kelamaan penyakit Naaman bisa menjadi Aib bagi dirinya sendiri bahkan bagi keluarga dan kerajaan. Oleh sebab itu Naaman terus berjuang untuk kesembuhannya.

Di rumah Naaman tinggal seorang gadis Israel sebagai pembantu keluarga Naaman. Pada suatu ketika ia memberitahukan kepada nyonyanya ( istri Naaman ) tentang Nabi yang ada di Israel, yang dipakai oleh Tuhan. Gadis Israel ini menyarankan agar Naaman bisa datang minta tolong kepada nabi di Israel. Ini adalah berita yang baik bagi Naaman, oleh sebab itu Naaman langsung meresponi anjuran pembantunya barangkali ia bisa sembuh. Respon naaman : Pertama : Ia segera memberitahu kepada Raja tentang Nabi di Israel yang diberi kuasa Tuhan. Kedua : Naaman segera pergi ke Israel  untuk menemui sang Nabi. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa Naaman pergi ke Israel untuk mencari kesembuhan. Akan tetapi Naaman tidak mengerti dari mana sesungguhnya datangnya pertolongan ? besok kita akan merenungkan lanjutannya. Amin.

“Bila kita sedang menghadapi persoalan kemana kita mencari pertolongan ?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«