suplemenGKI.com

Senin, 4 Mei 2020

03/05/2020

TUHAN Turun Tangan

Bacaan Keluaran 3:1-12

 

Pengantar:
                Saudara kita mensyukuri untuk setiap kemajuan yang ada di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan birokrasi, misalnya di kota Surabaya sudah ada pelayanan satu atap, urusan apapun dapat diselesaikan dalam gedung tersebut. Ini kemajuan yang luar biasa mengingat sistem kita yang dulu, sudah lama dan berbelit belit. Bahkan untuk mengurus sesuatu biasanya kita lebih senang diuruskan sama orang lain sekalipun harus bayar mahal. Atau kalau bayar mahal tidak bisa kita minta bantuan orang yang “lebih berkuasa” untuk turun tangan menyelesaikan masalah kita. Sama ketika bangsa Israel punya persoalan yang berat, dimana mereka diperbudak oleh bangsa Mesir. Bagaimana Tuhan menyelesaikannya?

Pemahaman :

Ay 1-2, Bagaimana malaikat Tuhan menampakkan dirinya kepada Musa?

Ay 3-5, Apa yang Tuhan katakan pertama-tama kepada Musa?

Ay 6-9, Apa yang telah Tuhan nyatakan kepada Musa dan apa yang akan Tuhan lakukan untuk bangsa Israel?

Ay 10-12, Apa yang Tuhan katakan kepada Musa secara khusus?

Keluaran pasal 3, tidak terlepas dari Keluaran 2:23-25, dimana bangsa Israel telah berteriak kepada Tuhan meminta pertolongan-Nya, karena perbudakan yang dilakukan oleh bangsa Mesir. Tuhan mendengarkan jeritan bangsa Israel dan Tuhan juga mengingat perjanjian-Nya yang telah dibuat bersama dengan Abraham, Ishak dan Yakub.

Maka Tuhan menampakkan diri kepada Musa, melalui nyala api yang keluar dari semak duri namun semak duri itu tidak terbakar. Ketika Musa akan melihat dari dekat semak duri tersebut maka Tuhan memanggil Musa dan berkata: “Jangan datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, dimana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus.” Lalu Tuhan memperkenalkan diri-Nya dan Tuhan menyatakan bahwa Ia memperhatikan dengan sungguh penderitaan bangsa Israel dan Tuhan akan turun tangan untuk membebaskan bangsa Israel dari tangan Firaun.

Maka Tuhan mengutus Musa untuk berhadapan dengan Firaun dan membawa bangsa Israel keluar dari Mesir.

Tentu saja pengutusan ini membuat Musa menjadi takut, karena yang dihadapi adalah Firaun penguasa Mesir yang jahat. Tuhan Mengerti apa yang sedang dihadapi oleh Musa, maka Tuhan menguatkan sekali lagi kepada Musa bahwa Tuhan akan senantiasa menyertai Muasa dan akan membawa bangsa Israel ke luar dari Mesir.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Apakah selama ini Tuhan sudah turun tangan terhadap persoalan hidupku?

Tekadku
Ya Tuhan, sering kali kami menganggap bahwa kami mampu mengatasi persoalan hidup kami, kami sering melupakan-Mu, ampunilah kami yang congkak hati. Amin

Tindakanku
Hari ini saya menyakini bahwa Tuhan telah turun tangan menghadapi persoalan hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»