suplemenGKI.com

Senin, 31 Juli 2017

30/07/2017

UNDANGAN TUHAN

Yesaya 55:1-5

 

Pengantar
Dalam pasal 52:13-53:12, Yesaya telah menuliskan tentang gambaran hamba Tuhan yang menderita sebagai korban pendamaian. Karena karya-Nya itu, maka terbukalah jalan bagi para pendosa untuk berdamai dengan Allah dan menerima pengampunan atas pemberontakannya. Karya itu jugalah yang membuat Allah memberikan suatu undangan kepada manusia yang akan kita renungkan dalam pasal 55 ini. Undangan apakah itu?

Pemahaman

  • Ayat 1-2         : Dalam ayat 1 terdapat kata ajakan “marilah” dan “terimalah,” Apakah maksud kalimat ajakan atau undangan yang disampaikan nabi Yesaya? Apakah yang dimaksud dengan “sesuatu yang tidak mengenyangkan”?
  • Ayat 3-4         : Apakah yang Allah inginkan untuk dilakukan umat-Nya?
  • Ayat 5             : Apakah arti “engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal”?

Dalam ayat 1 terdapat dua kalimat ajakan atau undangan yang mengajak orang haus untuk minum air dan orang yang tidak mempunyai uang untuk menerima gandum, anggur dan susu tanpa harus membeli. Maksud dari kalimat ini adalah bangsa Israel yang telah meninggalkan Allah dan kebenaran-Nya, kini diundang oleh Allah untuk memperoleh keselamatan dan dikembalikan kepada persekutuan dan berkat. Syarat untuk memperoleh keselamatan itu adalah bertobat dan beriman, tanpa tambahan lain apapun. Orang yang mau mengambil bagian dalam air hidup itu, pertama-tama dia harus merasa haus (bertobat), kemudian bersedia (beriman) untuk datang kepada sang Juruselamat. Sesuatu yang tidak mengenyangkan adalah khayalan mengenai kebahagiaan pribadi berdasarkan keuntungan-keuntungan dan berkat-berkat duniawi. Hanya Allah yang dapat memuaskan jiwa manusia.

Tuhan ingin mereka mendengarkan Tuhan dan datang kepada-Nya karena Allah ingin mengikatkan perjanjian-Nya dengan umat-Nya seperti yang dilakukan kepada Daud. Allah ingin perhatian dan hidup umat-Nya hanya tertuju kepada Tuhan. Sehingga mereka bisa mengerti apa kehendak Tuhan yang harus mereka lakukan.  Arti dari “engkau akan memanggil bangsa yang kaukenal” dalam ayat 5 adalah Tuhan akan menjadikan umat-Nya sebagai alat-Nya untuk memberitakan kabar baik tentang keselamatan itu kepada segala bangsa, yaitu kepada mereka yang mau merespon ajakan Tuhan. Bila umat Allah merespons dengan benar undangan-Nya, maka mereka akan bersukacita serta menikmati kembali berkat-berkat Allah bersama dengan segenap alam dan hidup mereka akan senantiasa memuliakan Tuhan (Ay. 12-13)

Refleksi
Renungkanlah: Sudahkah kita menerima undangan keselamatan dari Tuhan dengan memberikan respon yang benar dalam hidup kita? Maukah kita dipakai oleh Tuhan untuk memberitakan kabar tentang keselamatan itu kepada semua orang?

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk terus bisa meresponi karya keselamatan yang telah Tuhan berikan dengan terus menjaga hidup kudus dan benar di hadapan-Mu.

Tindakanku
Saya akan memberitakan kabar keselamatan yang telah kuterima kepada orang yang kujumpai, dan yang belum mengenal Tuhan hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»