suplemenGKI.com

Wahyu 3:1-6                                     

SIAP SEDIALAH !

 

Pengantar
Pada Nopember 2003 silam, Indonesia dihebohkan dengan berkumpulnya ratusan orang yang berasal dari komunitas Pondok nabi. Ratusan orang itu berkumpul di sebuah tempat di Bandung Jawa Barat. Mereka datang dari berbagai daerah dan sudah menjual harta milik mereka dan bermaksud menantikan kiamat yang menurut penglihatan yang mereka terima bahwa akan terjadi pada Nopember 2003 hingga Mei 2007. Sebuah ironi karena yang terjadi bukannya pengangkatan ke surga seperti yang dinantikan dan diharapkan, namun pengangkatan yang terjadi justru ke kantor yang berwajib atau polisi.

Hingga saat ini umat Allah terus menantikan kedatangan Tuhan atau yang dikenal dengan sebutan Parousia atau yang dikenal luas oleh masyarakat umum dengan istilah kiamat. Ada banyak perilaku yang muncul dimasa masa penantian kedatangan Tuhan. Perilaku-perilaku yang umum dijumpai ada yang biasa saja seolah-olah tidak akan terjadi apa-apa, ada yang bersikap berlebihan sampai menjual harta benda hanya untuk menantikan kedatangan Tuhan yang belum tahu kapan akan terjadi. Namun ada juga yang berlebihan hingga hidup eksklusif.

Pemahaman

Ayat 1-2               Teguran apa yang disampaikan Yohanes kepada jemaat Kristen di Sardis ?

Ayat 3-5               Kapankah kedatangan Kristus kedua kali ? Apa yang harus dilakukan jemaat menantikan kedatangan-Nya ?

Surat Wahyu ditulis oleh Yohanes dan ditujukan kepada jemaat-jemaat Kristen di wilayah Asia Kecil. Yohanes mengirimkan surat ini menggunakan kalimat atau kata-kata yang sulit dipahami. Bahasa simbol yang tidak mudah ditafsirkan oleh para teolog masa kini namun telah menjadi bahasa yang lazim digunakan pada masa Perjanjian Baru. Yohanes menggunakan bahasa simbol untuk menghindari hal terburuk apabila surat yang dikirimkannya jatuh ketangan penguasa. Saat surat itu ditulis jemaat-jemaat Kristen tengah mengalami penganiaayaan dari penguasa dan masyarakat anti Kristen.

Surat ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang kedatangan Tuhan Yesus. Bahwa kedatangan itu akan terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diperhitungkan waktunya (3:3). Tekanan Yohanes justru muncul pada ayat 1, dimana ia menegur keras jemaat Kristen yang didengar oleh Yohanes justru hidup menyimpang dari nilai-nilai kekristenan yang telah diajarkan. Kata engkau hidup, padahal engkau mati  menunjukkan sikap hidup jemaat Kristen sangat memprihatinkan menurut pandangan Tuhan (3:1). Yohanes merasa perlu mengingatkan bahwa Tuhan akan segera datang. Namun hal itu bukan berarti jemaat hanya menunggu dan tidak berbuat apa-apa. Justru Yohanes secara tidak langsung mendorong setiap anggota jemaat agar memperlihatkan iman yang hidup (3:5).

Yohanes mengingatkan jemaat Kristen dimasa lalu dan dimasa kini bahwa sampai saat ini umat masih menantikan kedatangan Tuhan. Kedatangan yang bisa terjadi kapan saja. Yang terpenting bukan menunggu tanpa berbuat apa-apa, namun umat diajak menyatakan iman yang hidup agar ketika Tuhan datang nanti dan bertanya: Apakah yang sudah engkau lakukan sepanjang hidupmu didunia ? kita akan menjawab: Ya, Tuhan telah kunyatakan imanku yang hidup melalui perbuatan dan tutur kata yang berkenan dihadapan-Mu.

Refleksi
Kedatangan Tuhan akan terjadi secara tiba-tiba. Saat-saat itu adalah saat-saat dimana penghakiman akan terjadi atas diri semua orang. Mensyukuri kehidupan yang Tuhan anugerahkan dan mensyukuri keselamatan yang telah diberikan tidak hanya sebatas ucapan. Iman kepada Kristus harus dipraktekkan secara nyata. Sudahkah diri kita siap akan kedatangan Tuhan ? Sudahkah keluarga kita siap akan kedatangan Tuhan ? Hiduplah didalam iman kepada Kristus

Tekad
Ya Allah mampukan saya dan keluarga saya untuk hidup berkenan dihadapan-MU. Biarlah dihari-hari kami menantikan kedatangan-MU, kami tetap beriman dan tetap setia melakukan kehendak-MU

Tindakan
Secara rutin membangun ibadah keluarga. Memperhatikan sesama di persekutuan sektor. Memperhatikan tetangga sekitar dan menolong yang kesusahan dimasa pandemi

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*