suplemenGKI.com

Bacaan : Kisah Para Rasul 10 : 34-43.

“Karunia Allah bagi semua bangsa”.

 

PENGANTAR.
Tuhan telah memperlengkapi para Rasul (murid-murid) untuk memberitakan Kabar baik ( Injil ) kepada semua bangsa, mulai dari Yerusalem, Yudea, Samaria sampai ke ujung bumi ( Kis 1:8). Untuk itulah maka Tuhan mengutus Petrus  untuk menemui Kornelius, seorang perwira Romawi, non Yahudi.  Sebelumnya Tuhan memberikan penglihatan kepada Petrus tentang binatang-binatang yang haram untuk dimakan, ketika Petrus berada di Yope ( Kis 10:10-16). Hal itu hendak membukakan pengertian Petrus saat ia menjumpai Kornelius di Kaisarea ( Kis 10: 24-33). Ketika itulah Petrus memahami maksud Tuhan sehingga ia berkata, “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang” ( Kis 10:34).

 

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana akhirnya Petrus bersedia memberitakan Kabar baik kepada Kornelius ? ( ayat 34-35).
  2. Apa inti pemberitaan Petrus ? ( ayat 36-41).
  3. Apa tugas yang harus dikerjakan oleh para murid ? ( ayat 42-43 ).

 

Sebagai seorang Yahudi tulen Petrus mengerti bahwa karunia Allah itu diperuntukkan bagi bangsanya. Namun tidak demikian dengan Allah. Allah memberikan karuniaNya kepada umat Yahudi agar mereka menjadi berkat bagi bangsa lain. Dan hal itu sulit dipahami oleh umat Yahudi, termasuk Petrus. Melalui peristiwa penglihatan binatang haram yang diperintahkan untuk dimakan, Petrus dapat memahami tujuan Allah dengan penglihatan tersebut. Allah memerintahkan Petrus memberitakan Kabar baik kepada Kornelius, seorang perwira Romawi, non Yahudi. Allah menuntun Petrus dalam menyampaikan kabar baik tersebut.

Disitulah Petrus menyampaikan kesaksiannya bahwa Yesus Kristus diutus Allah. Dalam pelayananNya Yesus menyembuhkan setiap sakit penyakit serta menghilangkan semua penderitaan untuk menyatakan kehadiran Kerajaan Allah. Namun orang-orang Yahudi menangkap, menyesah dan menyalibkanNya sampai mati diatas kayu salib dan dikuburkanNya. Namun pada hari yang ketiga Dia bangkit. Yesus memiliki kuasa yang tidak dapat dikalahkan. Kuasa itu dapat mengalahkan hal terburuk yang dilakukan manusia bahkan dapat mengalahkan kuasa kematian. Setelah bangkit, Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya. Semua yang dikerjakan oleh Yesus Kristus adalah untuk memberikan jalan pengampunan dosa bagi seluruh umat manusia. Bagaimana caranya mendapat pengampunan dosa ? dengan percaya kepada Tuhan Yesus.

Tugas para murid adalah menjadi saksi tentang  karunia Allah kepada semua bangsa agar semua orang mendapat karunia Allah yang begitu besar. Tugas menyampaikan karunia Allah itu juga berlaku bagi kita yang hidup di jaman modern sekarang ini. Siapapun yang telah menerima karunia Allah, ia berkewajiban untuk memberitakan karunia Allah ( Injil ) kepada orang yang belum percaya. Bagaimana dengan anda ?

REFLEKSI.
Sudahkah anda mengalami karunia Allah ? apakah anda sudah membagikan karunia Allah tersebut kepada orang lain ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, trimakasih untuk karuniaMU yang begitu besar, bantulah saya untuk dapat menyaksikan karuniaMU kepada orang lain.

TINDAKANKU.
Saya harus belajar danberani menyaksikan karunia Allah kepada orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«