suplemenGKI.com

Senin 30 Juli 2018

29/07/2018

JAWABAN TUHAN

Keluaran 16 : 2-4, 9-15

 

Pengantar
Dalam menghadapi kesulitan hidup, sering yang dilakukan manusia adalah mengeluh atau bersungut-sungut. Kesulitan hidup yang berat memang dapat membuat manusia kehilangan ingatan akan pemeliharaan TUHAN, dan tak mampu melihat jalan keluar. Sebagai umat TUHAN, kita juga bisa berada dalam situasi tersebut, bersungut-sungut dan bahkan kecewa hidup sebagai orang beriman. Jadi masih adakah harapan untuk memperoleh jawaban atas kesulitan hidup yang kita jalani. Marilah kita membaca kitab Keluaran 16:2-4, 9-15 untuk kembali memperoleh pengharapan akan karya TUHAN yang penuh kasih setia. 

Pemahaman

Ayat  2 – 4           :  Situasi apa yang dialami dan dilakukan umat TUHAN?
Ayat  9 – 15         :  Apa yang dilakukan TUHAN kepada umat-NYA?

Bangsa Israel yang berada di padang gurun mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan makanan sehingga mereka bersungut-sungut kepada Musa dan Harun (juga menyebutkan adanya tangan TUHAN) dengan membandingkan situasi ketersediaan makanan di tanah Mesir. Persungutan mereka ini sekaligus merupakan bentuk ketidakpercayaan mereka akan pemeliharaan TUHAN, bahkan mereka tidak mengingat bagaimana TUHAN baru saja menyediakan air yang baik bagi mereka di Mara dan Elim.

Dalam situasi dan tindakan umat-NYA yang sedemikian itu, TUHAN tetap menyatakan kasih setia-NYA dan memberikan makan daging burung di waktu senja dan roti embun di waktu pagi disertai pesan agar memungut secukupnya untuk keperluan sehari. TUHAN melakukan semuanya ini dengan maksud mencoba (menguji) ketaatan umat-NYA.

Kalimat dalam ayat 15, memberi sebuah penegasan dalam ketidaktahuan umat Israel, bahwa yang mereka pungut dan nikmati sampai kenyang itu adalah pemberian TUHAN untuk menjadi makanan mereka. TUHAN memberi yang bisa umat pungut, walau umat kerap bersungut.

Refleksi
Marilah kita berdiam diri sejenak dan mencoba merenungkan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah yang kita lakukan jika menghadapi kesulitan hidup?
  • Percayakah kita akan kasih setia TUHAN yang tak pernah meninggalkan kita? 

Tekad
TUHAN, jadikan aku umat-Mu yang tidak mudah bersungut.

 

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan berusaha lebih hidup bersyukur dan hidup dalam ketaatan kepada TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«