suplemenGKI.com

Yeremia 31 : 7 – 14

 

PENYELAMATAN ADALAH SEMATA KARYA TUHAN

 

Pengantar
Pembebasan bahkan kembali pulang ke tanah air adalah dambaan semua orang yang mengalami perbudakan bahkan terbuang dari tanah airnya. Ini juga yang menjadi dambaan umat TUHAN dan yang kemudian diselamatkan dan dipulihkan kembali oleh TUHAN. Proses kepulangan ke tanah air ini dapat memperlihatkan proses dan makna penyelamatan dan pemulihan dari TUHAN, sekaligus dapat menggambarkan bagaimana semua itu dapat terjadi dan bagaimana suasana di dalamnya. Untuk lebih jelasnya mari kita membaca dan mempelajari apa yang dinyatakan dalam bacaan kita hari ini.

Pemahaman
Ayat 7 – 9 :  Bagaimana proses dan makna perjalanan pulang umat TUHAN kembali ke tanah airnya ?
Ayat 10 – 14 :  Bagaimana penggambaran kehidupan umat dalam proses penyelamatan/pemulihan ?

Proses perjalanan pulang umat TUHAN dinyatakan dalam penggambaran adanya orang yang ‘buta’, ‘lumpuh’, ‘mengandung’, dan ‘melahirkan’, yang mana secara kekuatan diri sendiri tidak mungkin sanggup menempuh perjalanan berat tersebut. Ini sungguh menunjukkan bahwa keselamatan adalah bukan karena kekuatan yang terdapat dalam diri sendiri tetapi hanya karena karya TUHAN.

Adanya penggambaran suasana dan sikap tertentu melalui ungkapan ‘dengan menangis’, ‘dengan hiburan’, dan ‘dengan pertobatan’ adalah sesuatu yang menunjukkan bagaimana jalan untuk kembali pulang tersebut dialami . Dan bahwa istilah anak sulung hendak menggambarkan bahwa proses menjadi seorang anak TUHAN bukanlah melalui proses kelahiran dari para dewa-dewi sebagaimana diyakini oleh bangsa-bangsa lain, tetapi oleh proses pilihan ALLAH dalam sejarah kehidupan manusia dan melalui penebusan pribadi.

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini kita memandang bahwa kita mampu menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan ini dengan kekuatan sendiri, atau karena karya TUHAN yang selalu beserta kita ? Dan adakah kita berharap menjalani semua proses tersebut hanya dengan berbagai kemudahan dan jalan pintas atau juga siap untuk berjuang dengan kekuatan dan kemampuan dari TUHAN ?

Tekad
Ya TUHAN, tolonglah saya agar dapat menjalani semua proses kehidupan di dunia ini dengan kekuatan dan kemampuan yang dari TUHAN saja.

Tindakan
Mulai hari ini, saya akan memulai setiap aktivitas dengan berkata : TUHAN tolonglah saya (Tts)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*