suplemenGKI.com

KELUARGA YANG TAAT

Ulangan 4 : 9 – 14

 

PENGANTAR
Memiliki iman yang kuat kepada Tuhan adalah penting. Sebab dengan iman yang kuat itulah umat beriman dapat menjalani kehidupan ini walaupun hal itu tak mudah. Namun memiliki iman yang kuat tidak boleh hanya untuk diri sendiri tetapi hendaknya hal itu dapat diwariskan kepada anak-anaknya atau kepada generasi penerusnya. Itu sebabnya keluarga adalah tempat yang paling baik dalam pewarisan iman tersebut. Mengapa demikian ? renungan hari ini akan memberi jawabannya.

PEMAHAMAN

  1. Apa yang di-ingatkan Musa kepada umat Israel ? ( ayat 9-10 )
  2. Mengapa mengajarkan Firman Tuhan kepada generasi penerus itu penting ? (ayat 11-14 )

Kitab Ulangan berisi pengulangan hukum Tuhan untuk terus diingat dan dipegang dalam kehidupan umat Israel sebagai dasar pembentukan iman. Mengapa perlu di tulis ulang oleh Musa ? Karena generasi pertama yang keluar dari Mesir hampir habis meninggal di padang gurun dan kini generasi ke dua yang akan masuk ke tanah perjanjian, dan banyak dari mereka yang tidak tahu asal-usul peraturan hukum Taurat yang diberikan untuk dilakukan. Untuk itulah Musa menegaskan supaya umat Israel waspada dan berhati-hati supaya jangan melupakan peristiwa besar di gunung Horeb pada saat Tuhan memperkatakan Firman-Nya (ayat 9-10).

Musa juga mengingatkan  supaya umat Israel mengajarkan segala firman Tuhan kepada anak-anaknya, (ayat 10) dengan selalu mengingat ketetapan dan kesepuluh perintah Allah (ayat 13-14). Dengan tetap mengajarkan kebenaran Firman Tuhan maka generasi penerus akan memasuki tanah perjanjian dengan iman yang kuat. Walaupun di tanah perjanjian mereka diperhadapkan dengan berbagai tantangan namun mereka akan tetap memiliki iman yang kuat karena hati mereka melekat kepada Tuhan Allah.

Kebenaran Firman Tuhan ini hendak mengajarkan kepada kita, akan pentingnya mengajarkan firman Tuhan kepada anak-anak sebagai generasi penerus, agar generasi penerus hidup dalam ketaatan kepada Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Bagaimana menurut anda, apakah iman merupakan sesuatu yang penting ? Bagaimana upaya anda agar anak-anak anda juga memiliki iman yang kuat ?

TEKADKU
Ya Tuhan, saya berterima kasih untuk anugerah-Mu kepada kami. Ajarlah kami untuk mengajarkan Firman Tuhan kepada anak-anak kami.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus membangun mezbah keluarga, agar Firman Tuhan dapat diajarkan kepada anak-anak.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«