suplemenGKI.com

2 Raja-raja 5:1-3

 

Berani Bersaksi Karena Iman

 

Pengantar
Seorang gadis Israel ditawan segerombolan orang Aram dan menjadi pelayan istri Naaman, panglima Raja Aram. Dikisahkan bahwa Naaman adalah seorang pahlawan tentara yang sangat terpandang di negeri Aram, tetapi ia sedang mengalami penderitaan karena sebuah penyakit. Bagaimana ia pada akhirnya menjadi sembuh, tak lepas dari peran gadis Israel yang berani bersaksi karena iman percayanya. 

 

Pemahaman

 

Ayat 1

:

Siapakah bangsa Aram? Apa peran Naaman di Aram dan penyakit apa yang sedang dialaminya?
Ayat 2-3

:

Siapakah anak perempuan Israel yang dikisahkan di sini? Menurut Saudara mengapa ia diceriterakan, walau namanya tak disebut? Apa yang diusulkan oleh gadis Israel ini? Menurut Saudara mengapa Tuhan ijinkan hal ini terjadi?

 

Sepeninggal Raja Solomon, kerajaan Aram (Syria) menjadi musuh pengganggu bangsa Israel (1 Raja-raja 20:1-3).  Naaman adalah panglima tentara kerajaan Aram tentu juga menjadi musuh utama Israel. Sebagai orang penting dan sangat terpandang di kerajaan Aram, penyakit kusta yang dideritanya tentu sangat mengganggu. Gadis Israel yang ditawan gerombolan orang Aram dan kemudian menjadi pelayan di rumah Naaman tentu punya banyak alasan untuk berdiam diri ketika mengetahui kondisi tuannya. Ia bisa saja berdiam diri karena takut mengambil resiko atau bisa juga karena Naaman adalah musuh bangsanya. Iman percaya mendorongnya untuk berani bersaksi bagi kebesaran Tuhan. Kisah ini ditulis untuk menunjukkan kasih dan karya Tuhan yang lintas batas dan bagaimana seorang anak Tuhan berperan serta dalam karyaNya.

Refleksi
Apakah iman percayaku kepada Tuhan mampu melahirkan keberanian untuk bersaksi tentang Tuhan yang penuh kasih kepada orang lain?

Tekadku
Membangun keberanianku bersaksi tentang kasih Tuhan yang lintas batas (bangsa, budaya, bahkan iman) di atas landasan iman percayaku kepadaNya.

Tindakanku
Menggunakan setiap kesempatan yang Tuhan anugerahkan untuk berani bersaksi tentang apa yang aku imani, dengan hikmat yang aku peroleh dariNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«