suplemenGKI.com

TUHAN MENYERTAIKU

Yesaya 43:1-3

 

Pengantar

Di suatu taman bermain tampak seorang anak kecil yang ingin bermain ayunan seperti anak-anak yang lainnya. Namun sang anak ini tampak ragu dan takut untuk menaiki ayunan tersebut. Sang Ayah mengatakan pada anaknya untuk tidak takut karena ia akan mendampingi dan menjaganya. Sang anak akhirnya berani untuk menaiki ayunan dan bermain seperti anak-anak lainnya. Sebagaimana Ayah dari anak tersebut yang memberikan dukungan untuk menjaga dan melindungi anaknya, demikian juga Tuhan Allah menyatakan kepada bangsa Israel untuk tidak takut seperti yang ada dalam bacaan renungan hari ini. Mari kita renungkan.

Pemahaman

Ayat 1    : Apa yang dinyatakan Tuhan untuk menguatkan hati bangsa Israel ?
Ayat 2    : Bilamana Tuhan menyertai bangsa Israel ?
Ayat 3    : Mengapa Tuhan berkenan menyertai bangsa Israel ?

Bila membaca Yesaya 43:1-3, maka kita akan merasakan betapa Tuhan Allah sangat mengasihi bangsa Israel yang meskipun dalam masa penghukuman atas ketidaktaatan mereka kepada Tuhan. Tuhan menguatkan hati mereka dengan mengatakan bahwa Dialah yang menciptakan dan membentuk Israel (ay. 1a). Sungguh ini pernyataan yang luar biasa dalam menguatkan bangsa Israel dalam masa menjalani penghukuman. Penguatan berikutnya pada ayat 1b adalah bahwa Tuhan akan menebus mereka yang berarti Tuhan sendirilah yang akan membebaskan mereka dari hukuman pembuangan itu. Kemudian Tuhan memanggil dengan nama mereka artinya bahwa Tuhan mengenal mereka satu persatu seperti seorang Bapa mengenal anak-anaknya. Dan yang terakhir Tuhan menyatakan bahwa mereka adalah kepunyaan Tuhan yang berarti bangsa Israel adalah milik Tuhan yang pasti Tuhan sangat peduli atas apa yang terjadi pada bangsa Israel.

Pada ayat 2, semakin jelas bagaimana Tuhan mengasihi bangsa Israel dengan penyertaan-Nya dalam segala situasi dan kondisi. Ketika menyeberangi atau melalui sungai mereka tidak hanyut. Ketika melalui api mereka tidak hangus dan terbakar. Ini suatu penyertaan Tuhan yang amat luar biasa kepada bangsa Israel. Mengapa mereka mendapat keistimewaan yang luar biasa itu? Ay.3, Karena Tuhan yang menyertai bangsa Israel adalah Allah yang Maha Kudus dan Juru Selamat yang menebus mereka dengan Mesir tempat perbudakan mereka untuk digantikan dengan Etiopia dan Syeba. Artinya Allah telah menggantikan kesengsaraan dan penderitaan atas penghukuman  yang dilambangkan dengan Mesir dan memberikan mereka kebahagiaan dan damai sejahtera yang dilambangkan dengan Etiopia dan Syeba.

Seperti bangsa Israel yang mendapat penyertaan luar biasa oleh Tuhan Allah, maka kita sebagai anak-anak Allah harus percaya bahwa Allah juga akan menyertai pada tahun 2022. Allah akan memberikan damai sejahtera sepanjang tahun 2022 setelah kita mengalami masa-masa kesukaran selama pandemi tahun 2021. Tuhan pasti menebus kita dari segala kepahitan tahun lalu dan menggantinya dengan sukacita pada tahun yang baru, karena Dia mengenal kita satu persatu dan kita juga kepunyaan-Nya.

Refleksi

Marilah kita merenungkan:

-   Apakah saudara percaya bahwa Tuhan mengenal kita dan kita adalah kepunyaan-Nya ?
-   Apakah saudara percaya bahwa Tuhan menyertai kita sepanjang tahun 2022 ini?
-   Jika saudara yakin bahwa Allah menyertai kita, apa respon saudara atas penyertaan Allah?

Tekad

Doa: Tuhan, saya bersyukur bahwa saya memiliki Tuhan Allah Yang Mahakudus yang mengenalku dan senantiasa menyertaiku dalam situasi dan kondisi apapun. Tolong saya untuk terus dapat memahami dan merasakan bahwa aku ini kepunyaan-Mu. Amin.

Tindakan

Saya ingin terus menerus untuk menjalani hari-hari di tahun 2022 dengan keyakinan bahwa Tuhan berjalan bersama saya melalui Firman yang kubaca dan kurenungkan setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«