suplemenGKI.com

NANTI TUHAN PASTI DATANG

Makeakhi 3 : 1 – 4

Pengantar
Ada banyak hal yang tak bisa kita pastikan dalam hidup ini. Tapi jika kita pernah mengetahui atau memperoleh suatu kepastian, misalnya tentang kabar kedatangan seseorang yang kita nantikan, maka kita tentu akan melakukan sesuatu hal untuk menanggapi kepastian kabar itu. Kita kemudian akan berupaya melakukan sebuah persiapan untuk menghadapi atau mengalami perjumpaan dengan seseorang yang kita nantikan tersebut. Namun kita patut bersyukur, karena bacaan Alkitab hari ini menyatakan bahwa untuk menghadapi dan mengalami hari kedatangan TUHAN, kita tidak dibiarkan mempersiapkannya secara sendirian. TUHAN yang akan datang, juga menyuruh utusan-NYA untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan-NYA. Maka mari kita membaca Maleakhi 3 :  1 – 4 untuk memperoleh kabar yang pasti bagi kehidupan kita, juga tentang bagian yang harus kita persiapkan dalam masa menanti.

 

Pemahaman
Ayat  1 – 3a         :  Apa yang dipersiapkan dan yang dilakukan TUHAN terkait hari kedatangan-NYA?
Ayat  3b – 4         :  Apa yang dikehendaki TUHAN dalam kehidupan umat-NYA?

TUHAN menyuruh utusan-NYA untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan-NYA. TUHAN akan datang secara mendadak dan menampakkan diri. TUHAN seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu. IA akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan IA mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak. Jika demikian, siapa yang dapat tahan akan hari kedatangan-NYA, dan tetap dapat berdiri di hadapan-NYA?

Hal ini mengingatkan kita bahwa ada hal yang perlu kita lakukan dalam hidup ini, agar tetap sedia dan siap sebagai orang-orang yang menyenangkan hati TUHAN, yaitu kesediaan hati dan diri untuk dimurnikan, ditahirkan, dan disucikan oleh TUHAN supaya dapat  mempersembahkan hidup secara benar kepada TUHAN.

Masa Adven yang mulai kita jalani menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk melakukan bagian kita. Sebab TUHAN telah dan akan melakukan bagian-NYA, yaitu mempersiapkan kita menyambut kedatangan-NYA dan memproses hidup kita dalam kebenaran-NYA. Mari kita menyediakan diri untuk mengalami pembenaran-NYA, dengan penuh kerendahan hati dalam menanti TUHAN yang pasti datang.

Refleksi
Marilah kita berdiam diri sejenak dan mencoba merenungkan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kita tetap sedia menanti hari kedatangan TUHAN?
  • Apakah kita telah mempersiapkan diri menyambut hari kedatangann TUHAN?
  • Apakah kita bersyukur atas proses penyiapan yang TUHAN anugerahkan? 

Tekad
TUHAN, jadikan aku tetap sedia menanti hari kedatangan TUHAN dan mempersiapkan hidup dalam proses pembenaran yang TUHAN sediakan.

 

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan berupaya mempersembahkan hidup secara benar kepada TUHAN sebagai buah pembenaran yang TUHAN telah anugerahkan dalam TUHAN YESUS Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«