suplemenGKI.com

MENANTI TUNAS KEADILAN

 Bacaan
Yeremia 33 : 14 – 16

Pengantar
Tunas adalah wujud dari sebuah kehidupan baru yang mulai terlihat nyata sekalipun masih sangat kecil. Setiap orang yang menabur benih, atau yang menginginkan sebuah pertumbuhan baru pada bagian tanamannya akan sangat bersukacita jika melihat adanya tunas yang muncul. Demikian juga kita dapat membayangkan apa yang dirasakan umat Israel ketika menantikan penggenapan janji TUHAN.

 Pemahaman
Ayat 14 : Apakah yang TUHAN janjikan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda?
Ayat 15 : Apa peran kemunculan sesuatu yang dijanjikan TUHAN itu?
Ayat 16 : Bagaimana suasana yang akan terwujud manakala janji itu tergenapi?

Dalam situasi penderitaan dan kesulitan di masa pembuangan maka tentunya penggenapan janji TUHAN tentang tumbuhnya Tunas keadilan bagi bangsa pilihan TUHAN sungguh sangat membawa sukacita. Tidak saja keadilan tapi juga disebutkan tentang kebenaran, bahkan akan berwujud pembebasan dan ketentraman. Janji TUHAN adalah sesuatu yang pasti tergenapi dan itu secara nyata telah diwujudkan dalam kedatangan Kristus, Sang Mesias penyelamat dunia. Dengan demikian kita tidak perlu ragu dalam meyakini segala sesuatu yang TUHAN janjikan, dan sedia hidup dalam penantian dengan penuh kesetiaan, bahkan dapat menjadi bagian dari jawaban TUHAN bagi sesama dan dunia yang sedang hidup dalam penantian, walau secara kecil atau sederhana. Kehadiran tunas keadilan akan membawa kemuliaan bagi nama TUHAN, karena nyata bahwa “TUHAN keadilan kita”.

Masa adven adalah masa penantian, namun bukan sembarang penantian. Masa adven adalah masa penantian akan keadilan TUHAN. Mari kita hidup dalam jiwa penantian tersebut, hidup di dalam keadilan TUHAN, bahkan turut menyatakan keadilan TUHAN.

Refleksi
Ambillah waktu tenang dan pikirkanlah gambaran tentang wujud keadilan dan kebenaran yang Saudara rindukan dalam kehidupan ini baik bagi diri sendiri maupun bagi sesama di sekitar lingkungan anda. Ingatlah akan mereka-mereka yang hidup dalam penantian akan hadirnya keadilan dan kebenaran. Kapan Saudara ingin hal itu terwujud, kapan segala itu akan bermula? Apakah Saudara telah melihat tunas keadilan mulai bertumbuh? Atau bersediakah Saudara menjadi ‘tunas-tunas’ keadilan di tengah kehidupan tersebut?

Tekadku
TUHAN jadikan aku sebagai ‘tunas keadilan’ walau kecil dan sederhana, di tengah kehidupan sekitarku untuk membawa kebebasan dari sebagian kesulitan hidup mereka dan menghadirkan ketentraman.

Tindakanku
Berlaku secara lebih adil bagi sesama yang berada di sekitar saya melalui pemberian yang membawa kebebasan dari sebagian kesulitan hidupnya atau menghadirkan percikan/tetesan ketentraman baginya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«