suplemenGKI.com

MENDENGAR DAN MELAKUKAN DENGAN SETIA.

Ulangan 6:1-3

Pengantar
Adakalanya kita terlalu “sibuk” dengan kehidupan kita, yang membuat kita juga memiliki banyak permintaan kepada Tuhan melalui doa-doa kita. Namun, kita “lupa” untuk mendengarkan apa yang Tuhan mau dalam hidup kita, kita “lupa” mendengarkan perkataan-perkataan Tuhan melalui firman-Nya. Sampai hari ini kita percaya bahwa Tuhan masih tetap berbicara kepada kita dengan berbagai cara. Dan ketika Tuhan berfirman, maka Ia akan menuntut kita untuk mendengarkan dan melakukan firman sesuai kehendak-Nya untuk menyelamatkan kita.

Pemahaman

  • Ayat 1-2    : Siapakah yang memberikan perintah atau ketetapan itu? Dan kepada siapakah perintah itu ditujukan?   Apakah tujuan Allah memberikan perintah itu kepada mereka?
  • Ayat 3        : Bagaimanakah mereka harus menjalankan perintah itu? Apakah untungnya bagi mereka?
  • Seberapa seringkah kita mendengarkan firman Tuhan dan melakukan firman itu di dalam kehidupan kita?

Pada pasal sebelumnya Musa telah menyampaikan kesepuluh hukum Taurat kepada bangsa Israel. Jadi, Tuhan memakai Musa untuk menyampaikan salah satu perintah kepada bangsa Israel dalam rangka persiapan untuk mendiami tanah yang telah dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel. Tuhan Allah memberikan perintah atau ketetapan tersebut dengan tujuan supaya seumur hidup umat Israel dan anak cucu mereka takut kepada Tuhan dan berpegang kepada segala ketetapan dan perintah Tuhan kepada mereka (Ay. 1-2).

Ada dua kata perintah dalam ayat 3 yaitu “Dengarlah” dan “Lakukanlah” itu dengan setia. Bangsa Israel harus mendengarkan perintah yang diberikan Tuhan kepada mereka dan melakukannya dengan setia. Supaya keadaan mereka baik dan keturunan mereka menjadi bertambah banyak seperti yang telah dijanjikan Tuhan kepada nenek moyang mereka di suatu tempat yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Jadi kehidupan dan keselamatan mereka sangat bergantung dengan kesetiaan mereka untuk melakukan perintah dan ketetapan yang telah Tuhan berikan kepada mereka.

Setia berarti sungguh-sungguh berkomitmen dengan totalitas hidup untuk mendengar dan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan. Setia untuk mendengarkan dan setia juga untuk melakukan kehendak Tuhan. Bagaimana dengan kita?

Refleksi
Renungkanlah: Maukah kita berkomitmen untuk setia dalam mendengarkan, mempelajari dan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari? Jika kita hanya mendengarkan atau membaca firman Tuhan tanpa melakukannya apa-apa, maka hidup kita tidak akan mengalami perubahan.

Tekadku
Tuhan, saya ingin membaca dan mendengarkan firman-Mu dengan tekun setiap hari. Dan tolonglah saya untuk bisa melakukannya dengan tekun dan setia.

Tindakanku
Saya akan membagikan pengalaman saya ketika melakukan firman Tuhan yang saya baca setiap hari kepada keluarga atau teman dekat saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«