suplemenGKI.com

Senin, 29 Mei 2017

28/05/2017

ROH KUDUS TERCURAH

Kisah Para Rasul 2:1-13

 

Pengantar
Sebelum Yesus naik ke Sorga, Yesus tidak hanya memberikan pesan atau amanat penting kepada murid-murid-Nya, tetapi Yesus berjanji akan memberikan Roh Kudus untuk menyertai pelayanan mereka. Murid-murid juga menanti dengan sabar dan percaya. Lalu bagaimana dengan janji Tuhan Yesus? Apakah Tuhan Yesus akan menepati janji-Nya? Jawabannya adalah: Ya, Yesus menepati janji-Nya, sepuluh hari setelah Yesus Naik ke surga, Tuhan mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada para murid. Inilah yang akan kita renungkan hari ini.

Pemahaman

  • Ayat 1             : Apakah yang dimaksud dengan hari Pentakosta?
  • Ayat 2-3         : Apakah bukti turunnya Roh Kudus di antara para murid?
  • Ayat 4-13       : Apakah dampak dari turunnya Roh Kudus dalam hidup para murid?

Hari Pentakosta adalah Hari ke-50 setelah Paskah Yahudi (=merayakan keluarnya umat dari perbudakan di Mesir yang dipimpin Musa). Ada dua hal yang penting yang mendasari perayaan Pentakosta Yahudi: Perayaan Pentakosta mengingatkan umat pada peristiwa sejarah Yahudi Musamenerima Hukum Taurat di Gunung Sinai dan merupakan perayaan di mana umat mengakhiri masa panen raya dan mengumpulkan hasil panen. Hari Pentakosta ini termasuk hari raya besar bagi orang-orang Yahudi, sehingga ada aturan setiap orang laki-laki Yahudi yang tinggal dalam radius 20 mil (30 Km) di sekitar Yerusalem harus datang dalam perayaan itu. Oleh sebab itu, banyak orangberkumpul di Yerusalem (Ay. 1). Pada saat itulah Roh Kudus di curahkan kepada para murid.

Bukti dari turunnya Roh Kudus adalah: tiba-tiba turunlah dari langit suatu tiupan angin keras yang memenuhi seluruh tempat di mana mereka duduk (Ay. 2) dan tampaklah kepada merekalidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing (Ay. 3). Angin dan api adalah simbol dari Roh Kudus.

Dampak dari turunnya Roh Kudus adalah: Pertama, Para Muridberkata-kata dalam bahasa lain (Ay.4). Bahasa lain yang dimaksud di sini adalah bahasa dari semua orang yang hadir dalam perayaan Pentakosta: orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea, Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab (Ay. 9-11a). Kedua, murid-murid semangat dan berani untuk berkata-kata tentang perbuatan Allah yang besar (Ay. 11). Kalau melihat latar belakang para murid, semua hal itu seperti mustahil.Itu semua karena Roh Kudus-lah yang menyertai mereka dan semua orang tercengang dan heran melihatnya (Ay. 7, 8, 12).

Refleksi
Renungkanlah: Apa saja karya Roh Kudus dalam hidup kita yang pernah kita alami! Roh Kudus hadir dalam diri orang percaya untuk memberikan penghiburan, sukacita, nasehat dan semangat untuk selalu beriman (percaya) kepada-Nya dalam keadaan apapun.

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya supaya saya memiliki kepekaan terhadap pimpinan, nasehat dan peghiburan Roh Kudus yang ada dalam diri saya.

Tindakanku
Saya percaya bahwa Roh Kudus akan selalu memberikan saya semangat, keberanian, kekuatan dan kemampuan bagi saya untuk menyampaikan kabar baik dan menjadi saksi bagi-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«