suplemenGKI.com

DIA YANG BERKUASA

Yesaya 40:21-26

 

Pengantar
Setiap negara pasti memiliki orang nomor satu yang menjadi pemimpin atas negeri. Dia menjadi pengatur atas segala kehidupan dan kebutuhan bangsa sekaligus pengayom masyarakat. Sesungguhnya menjadi pemimpin adalah tugas yang tidak mudah untuk dilakukan sebab berbagai macam kemauan dan permintaan warga haruslah disikapi dengan bijaksana. Mari bersama kita merenungkan, seperti apakah Pemimpin Sejati yang berkuasa atas hidup kita?

Pemahaman 

  • Ayat 21       : Apakah kita tahu, sejak kapan Dia berkuasa?
  • Ayat 22       : Bagaimanakah cara-Nya berkuasa atas ciptaan-Nya?
  • Ayat 23-24  : Seperti apakah kehidupan orang yang tidak sesuai dengan jalan-Nya?
  • Ayat 25-26  : Apakah Dia seperti yang lainnya?

Perkataan ini merupakan perkataan nabi Yesaya kepada umat Israel yang sedang berada dalam pembuangan di Babel. Nabi Yesaya menyerukan kepada masyarakat Israel seperti yang telah Tuhan Allah sampaikan kepadanya.  Seruan ini merupakan ajakan kepada bangsa Israel supaya mereka sadar bahwa hanya ada Seorang Pribadi yang berkuasa atas diri dan kehidupan mereka. Dia yang berkuasa atas mereka akan memberikan kelepasan bagi mereka yang menderita dalam pembuangan. Dia berjanji akan membuat mereka merdeka melalui kehadiran Mesias yang akan menjadi pendamai bagi umat-Nya. Janji yang menjadi harapan besar ini pasti segera terwujud namun Allah menginginkan setiap umat-Nya untuk kembali hidup sesuai dengan perintah-Nya. Umat diminta meninggalkan dosa-dosanya dan memperbaiki hidup mereka dengan benar di hadapan Tuhan Allah.

Allah juga menginginkan setiap kita yang percaya kepada-Nya kembali menata cara hidup kita yang benar dengan berjalan dalam aturan Tuhan karena Dia-lah yang menjadi Pemimpin atas kita umat-Nya dan hanya Dia yang berhak mengatur hidup kita semua.

Refleksi
Ketika kita sedang berada di luar ruangan, pandanglah ke langit, rasakan hembusan angin, dan lihatlah alam sekitar kita, betapa indah dan mengagumkan apa yang telah Dia ciptakan bagi kita. Mari kita merenungkan hal ini.  Betapa Dia luar biasa, mampu mengatur segala yang Dia jadikan, mulai dari benda mati hingga mahkluk hidup seperti kita. Semua makhluk ada dalam kuasa-Nya.  

Tekadku
Tuhan bantulah aku, untuk terus mengingat bahwa Engkaulah yang berkuasa atas hidupku. Mampukanlah aku untuk mensyukuri kekuasaan-Mu atas hidupku dengan hidup menaati perintah-Mu. 

Tindakanku
Aku mau menyerahkan hidupku sepenuhnya dalam kuasa Tuhan. Aku tidak mau hidup dalam keegoisanku lagi. Aku mau menyerahkan hidupku untuk dipakai dan diatur Tuhan. Aku pun mau melayani Tuhan sesuai dengan kemampuanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«