suplemenGKI.com

YESAYA 60:1-6

“PENGHARAPAN AKAN JANJINYA MENDATANGKAN KEKUATAN DALAM BERJUANG”

PENGANTAR

Perikop ini adalah bagian dari janji keselamatan Tuhan yang disampaikan kepada umat Israel yang telah kembali dari pembuangan, namun mengalami kekecewaan karena keadaan yang mereka lihat ternyata tidak seperti yang mereka harapkan.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1-2: Bagaimana keadaan dunia digambarkan di ayat 2a? Bagaimana keadaan yang Tuhan janjikan? Janji ini diberikan kepada siapa (ay.2b)?
  2.  Ayat 3-4: Apa yang akan terjadi setelah terang itu dinyatakan?
  3. Ayat 5b-6: Apa yang akan Tuhan lakukan bagi mereka? Bandingkan dengan apa yang terjadi di Hak. 6:1-6 dan Yes. 9:4
  4. Ayat 5: Apakah akan ada perubahan dengan semangat hidup mereka saat terang itu dinyatakan?

Kegelapan menutupi bumi merupakan gambaran dari kehancuran dunia karena dosa. Keadaan yang demikian tentunya membuat setiap orang yang hidup di dalamnya kehilangan harapan dan semangat hidup. Karena itu Allah berjanji bahwa Ia tidak akan membiarkan keadaan demikian terus terjadi. Ia sendiri yang akan datang sebagai terang. Terang itu akan dinyatakan melalui bangsa Israel dan bangsa Israel akan dipakai Tuhan untuk menjadi berkat/terang bagi bangsa-bangsa, seperti yang pernah Tuhan janjikan kepada Abraham. Bila keselamatan/pemulihan itu datang, maka bangsa Israel akan kembali berseri-seri dan keheranan. Keadaan mereka yang terpuruk akan digantikan dengan kemuliaan. Bangsa Midian yang dulu merampas hasil pertanian, kini akan datang untuk memberikan unta-untanya, membawa emas dan kemenyan sehingga nama Tuhan semakin dimuliakan. Maksud dari nubuatan ini adalah untuk meneguhkan pengharapan bangsa Israel. Pengharapan ini sangat penting untuk menjaga kesetiaan dan ketaatan bangsa Israel kepada Tuhan. Tanpa pengharapan, mereka akan kembali jauh dari Allah dan menempuh jalannya sendiri. Dari renungan ini kita diingatkan untuk percaya bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Hidup tanpa pengharapan akan janji Tuhan akan membuat kita kehilangan sukacita dan kekuatan untuk menghadapi segala sesuatu, membuat kita jauh dariNya, berjuang dengan cara-cara sendiri, dan bahkan memberontak kepadaNya, jauh dari ketaatan.

REFLEKSI

Dalam hal apa Anda merasa kehilangan semangat hari-hari ini? Dalam hal apa Anda mulai kehilangan ketaatan Anda terhadap firman Tuhan belakangan ini? Apakah itu ada hubungannya dengan tekanan atau beban hidup Anda?

TEKADKU

Tuhan, ketika aku merasa hidupku gelap karena ada banyak persoalan dan sepertinya tidak ada titik terang, aku ma uterus percaya bahwa Allah tidak meninggalkanku. Engkau sedang terus menyatakan rencanaNya bagiku seturut dengan waktuMu. Biarlah pengharapan akan Engkau membuatku terus optimis, beriman, bertekun berjuang dan tidak lupa bersyukur. Amin.

TINDAKANKU

Menunjukkan perubahan semangat dan antusiasme dalam satu hal yang belakangan Anda rasakan menurun. Sempatkan juga menyemangati orang-orang yang Anda kenal hari ini, mungkin diantara mereka ada yang sedang berputus asa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*