suplemenGKI.com

Senin, 29 April 2013

28/04/2013

TANGGAP AKAN PERISTIWA DAN PERJALANAN HIDUP YANG TUHAN HADIRKAN

 

Kisah Para Rasul 16 : 9 – 15

 

Pengantar
Ada banyak peristiwa yang perlu kita tanggapi karena tampak hadir di sekitar kita. Ada yang begitu jelas seperti penglihatan yang dilihat Paulus, tapi ada juga yang melalui keterbukaan hati akan Firman TUHAN dalam ibadah seperti yang dialami Lidia.  Maka mari kita mulai memperhatikan  bagaimana cara kita menanggapi setiap peristiwa yang TUHAN hadirkan dalam hidup ini. Jadi sangat penting untuk belajar dari apa yang disaksikan dalam ayat-ayat yang kita baca hari ini.

Pemahaman
Ayat  9                 :  Apa yang menjadi penglihatan Paulus ?

Ayat  10 – 12        :  Bagaimana tanggapan Paulus atas penglihatan tersebut ?

Ayat  13 – 15        :  Apa yang dijumpai Paulus di tempat yang dituju ?        

Di Troas, Paulus mendapat penglihatan tentang seorang Makedonia yang berseru : “Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami”. Terhadap penglihatan tersebut Paulus memberi tanggapan yang positif, dengan menyeberang ke wilayah Makedonia dan di sana ia berjumpa dengan Lidia, seorang penjual kain ungu dari Tiatira yang beribadah kepada TUHAN dan dibukakan hatinya oleh TUHAN untuk memperhatikan apa yang dikatakan Paulus kemudian dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya. Lidia juga membuka pintu rumahnya dan mendesak Paulus untuk menumpang di rumahnya.

Menyeberang ke suatu tempat atau tinggal di suatu tempat adalah bagian dari perjalanan kehidupan kita. Namun yang perlu direnungkan adalah apa yang membuat kita melakukan hal tersebut. Apakah kita melakukan hal tersebut sebagai tanggapan atas penglihatan dari TUHAN dan karya TUHAN yang membuka hati, atau karena kita punya rencana tersendiri. Keterbukaan hati kepada TUHAN akan membuat kita membuka kehidupan kita bagi orang lain sebagai wujud tanggapan akan peristiwa yang hadir di sekitar kita.

Refleksi
Bagaimana kita dapat peka terhadap rencana TUHAN, apakah hanya jika kita memperoleh penglihatan seperti Paulus, atau juga dalam kesetiaan kita beribadah kepada TUHAN yang membuka hati kita mendengar perkataan TUHAN seperti yang dialami Lidia?

Tekadku
Saya akan makin setia dalam kehidupan beribadah, untuk mendengar rencana TUHAN dalam kehidupan yang TUHAN anugerahkan.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan membuka kehidupan dan memberi ruang waktu saya bagi orang lain sebagai wujud tanggapan saya akan rencana TUHAN bagi dunia yang TUHAN nyatakan di sekitar saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«