suplemenGKI.com

Ulangan 30:1-10

TOBAT BERBUAH BERKAT

PENGANTAR
Sudah berapa kali Tuhan mengundang Anda untuk bertobat dari dosa Anda? Mengapa Tuhan masih terus-menerus memberikan undangan pertobatan bagi Anda? Tuhan memang sangat serius mengundang umat-Nya untuk bertobat. Ia juga tidak pernah “bosan” melakukannya bagi kita. Sampai kapan? Sampai kita bertobat dengan sepenuh hati, bukan dengan setengah hati.

PEMAHAMAN

Ay. 1-2        Undangan apakah yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya?
Bagaimana seharusnya kita menanggapi undangan itu?
(Lihat juga ayat 10)

Ay. 6            Apa yang akan Tuhan lakukan kepada kita bila kita menanggapi
undangan tersebut? Apa dampaknya dalam kehidupan kita?

Ay. 3-5        Lihat juga ayat 7-9. Berkat apa saja yang Tuhan berikan kepada
orang-orang yang berbalik kepada Tuhan?

Kepada umat-Nya, Tuhan memberikan undangan agar mereka bertobat (ay, 2, 10, “berbalik kepada Tuhan”). Pertobatan ini dimulai dari kesadaran di dalam hati (ay. 1) dan dilanjutkan dengan kesediaan untuk mendengarkan suara Tuhan (ay. 2), dan melakukan firman-Nya (ay. 10). Pertobatan ini harus dilakukan dengan penuh kesungguhan (ay. 2, 6, 10, “dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu). Keputusan untuk bertobat seringkali dihadang oleh tantangan yang berat, yang menuntut pengorbanan. Karena itu, pertobatan harus dilakukan dengan tekad yang bulat. Pertobatan yang setengah hati tidak dapat disebut sebagai pertobatan.

Namun, untuk mewujudkan pertobatan yang sejati kita tidak harus berjuang sendiri. Tuhan juga akan melakukan bagian-Nya. Terhadap orang yang bertobat, Tuhan akan melakukan “sunat” terhadap hati mereka (ay. 6). Artinya, Tuhan akan membersihkan hati kita dari dosa-dosa masa lalu kita. Hati kita akan dibersihkan dari berbagai bentuk kecemaran, kemarahan, kebencian, dan sebagainya. Dengan hati yang bersih, kita akan semakin mengasihi Tuhan.

Buah dari pertobatan adalah pemulihan. Umat yang bertobat akan dipulihkan sehingga mereka dapat menikmati kembali berkat-berkat Tuhan bagi mereka. Berkat-berkat itu meliputi kedaulatan mereka sebagai sebuah bangsa, keamanan, dan kemakmuran. Berkat-berkat ini merupakan wujud penyertaan Tuhan dalam kehidupan mereka.

REFLEKSI
Tuhan juga memanggil Anda untuk berbalik kepada-Nya. Masih adakah dosa-dosa yang harus Anda tinggalkan? Mantapkanlah kembali tekad Anda untuk bertobat, berbalik kepada Tuhan, dan mengasihi Dia dengan sepenuh hati.

TEKADKU
Ya Tuhan, bersihkanlah hatiku dari dosa-dosaku dan mampukanlah aku melakukan firman-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan mengakui dosa-dosaku – khususnya dosa-dosa yang masih aku lakukan sampai sekarang – kepada Tuhan dan memohon ampun kepada-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«