suplemenGKI.com

HIDUP DENGAN SUKACITA

Filipi 1:3-11

 

Pengantar
Keseharian yang dijalani dengan sukacita tentu menjadi idaman banyak orang. Hidup rasanya akan menyenangkan apabila mampu merasakan sukacita itu hadir di sepanjang hari. Akan tetapi, ada masanya ketika kita tidak selalu dapat merasakan sukacita karena ada beban yang harus kita rasakan.

Pemahaman

  • Ayat 3-8     : Mengapa Paulus mampu mengucap syukur di tengah kehidupannya?
  • Ayat 9-11    : Apa maksud dari doa yang disampaikan Paulus?

Filipi menjadi kota yang disinggahi oleh Paulus setibanya di Makedonia karena ia mendapat mimpi tentang seseorang yang memohon pertolongan darinya (Kis.16:11, Flp.4:15). Jemaat di Filipi memiliki tantangan yang khas, yaitu tentang merasakan sukacita di tengah berbagai penderitaan. Paulus memahami bahwa ada resiko yang tinggi akan perpecahan jemaat di Filipi yang diakibatkan oleh para pemimpin jemaatnya. Paulus juga menyadari bahwa tantangan untuk hidup dalam perjuangan merasakan sukacita di tengah berbagai tekanan sangatlah besar dan sering dirasakan.

Paulus yang pada saat itu berada di dalam penjara mengirimkan surat kepada jemaat di Filipi untuk memberi kekuatan kepada mereka. Paulus juga ingin memberi teladan kepada mereka bahwa sekalipun ada di dalam tekanan yang besar, setiap orang harus terus mampu bersukacita. Maka dari itu, Paulus mengawali suratnya dengan menyampaikan bahwa ia mengucap syukur kepada Allah setiap kali mengingat jemaat di Filipi. Ucapan syukur ini adalah bagian dalam kerangka doa Paulus kepada Allah. Paulus menyadari bahwa Allah selalu memulai pekerjaan yang baik. Dengan demikian, ucapan syukur ini berubah menjadi anugerah di dalam kehidupannya. Ucapan syukur inilah yang menguatkan Paulus untuk menjalani kehidupannya sebagai seorang Pemberita Injil.

Paulus mengutarakan pemahaman tentang sukacita dan maksud dari ucapan syukurnya. Ucapan syukur Paulus merupakan kesimpulan dari perjalanan pelayanannya bersama dengan jemaat di Filipi. Ia menyadari bahwa Allah yang turut bekerja di dalam pelayanannya, sehingga jemaat di Filipi juga selalu hidup di dalam hatinya. Dengan demikian, Paulus akan selalu memberi perhatian kepada mereka karena baik dalam sukacita maupun kesulitan, ia selalu merindukan jemaat di Filipi dalam kasih Kristus.

Paulus menutup bagian ini dengan menyampaikan doa yang merupakan permohonannya pada Allah untuk menuntun dan menyertai jemaat di Filipi agar mereka merasakan kasih yang melimpah dalam pengetahuan dan pengertian yang benar (ay.9). Pengetahuan ini bukan sekadar di dalam pikiran, tetapi juga pengetahuan dan pengertian untuk dapat merasakan kehadiran Allah di dalam seluruh aspek kehidupan. Paulus meinginginkan jemaat di Filipi memiliki pengetahuan tentang Allah, tentang kebenaran-Nya, dan juga tentang kemampuan untuk merasakan kehadiran Allah dalam hidup bersama sebagai jemaat. Dengan pengetahuan dan pengertian tersebut, jemaat di Filipi dimampukan untuk hidup di dalam ucapan syukur yang penuh dengan sukacita pada Allah di berbagai peristiwa kehidupan yang mereka alami. Paulus mengharapkan agar jemaat di Filipi mampu hidup penuh dengan berbagai tindakan kebenaran untuk memuliakan dan memuji-Nya.

Refleksi
Kita selalu rindu untuk mampu merasakan sukacita, sekalipun tanggung jawab kehidupan kita begitu berat. Sukacita akan membuat kita bersemangat dan mampu melaluinya dengan baik. Pada hari ini, apakah kita merindukan untuk hidup dalam sukacita? Apakah kita rindu untuk mampu menikmati setiap proses kehidupan kita? Seperti Paulus yang mampu mengucap syukur dan bersukacita di dalam tekanan maupun pelayanannya, kita memohon kepada Tuhan agar ia memulihkan setiap beban hidup kita dan menolong kita agar selalu memiliki pengetahuan dan pengertian, sehingga kita dimampukan untuk hidup dalam kebenaran dengan penuh sukacita. 

Tekadku
Tuhan, pada hari ini aku akan memulai kehidupanku dengan penuh sukacita di berbagai tantangan yang aku hadapi.

Tindakanku
Saya akan memberi apresiasi, pujian, atau semangat kepada setiap orang yang saya jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*