suplemenGKI.com

Senin, 28 Mei 2012

27/05/2012

KEBESARAN TUHAN ATAS ALAM SEMESTA

Mazmur 104:1-9

 

Apakah yang Saudara rasakan bila melihat bentangan langit, laut dan luasnya bumi ini? Apakah Saudara melihat kebesaran TUHAN, Sang Pencipta alam semesta? Bacaan hari membawa kita di hadapan bentangan alam semesta yang sangat luas.

 

Pendalaman Teks Alkitab                                                                                                                       

 

  • Mengapakah Pemazmur memuji-muji nama TUHAN? ( ayat 1)
  • Apakah yang Saudara rasakan  ketika membaca  bacaan ini?
  • Apakah tindakan nyata  saudara yang  menunjukkan bahwa Saudara  memuji-muji TUHAN yang Maha besar?

 

Renungan

Mazmur 104 mengungkapkan bahwa: semua ciptaan adalah berharga, cerminan keagungan Allah. Kebesaran Tuhan yang Maha agung bagi karya ciptaan-Nya tampak dalam Mazmur ini. Lihatlah bagaimana TUHAN dengan kebesarannya  berkarya mengatur alam ini.  Terang , langit, awan, angin, api, air, guntur, bumi, samudera, semuanya berada dalam kendali kekuasaan TUHAN. Alam semesta ini luas dan besar serta memiliki kekuatan yang dahsyat namun ternyata ALLAH Sang Pencipta dapat mengendalikannya. Mereka semua tunduk di bawah kekuasaan ALLAH.

Setelah melihat dan menyadari kekuasaan TUHAN yang begitu agung mengatasi segala kekuatan dan kedahsyatan alam ini, apakah yang Saudara rasakan? Tentang hal ini,  pemazmur menyimpulkan:  “ TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar!” Sesungguhnya kebesaran TUHAN bukan hanya untuk dibicarakan tapi untuk dipuji dan dimuliakan dalam kehidupan setiap hari. Apakah wujud nyata memuji dan memuliakan TUHAN, Sang maha besar dalam kehidupan setiap hari?

  1. Jangan pernah menyombongkan /membesarkan diri di hadapan TUHAN sekalipun Saudara kuat, hebat, pandai, kaya dan memiliki sejuta prestasi sebab di hadapan-Nya kita sangatlah kecil. Kalau pun Saudara  kuat, hebat, pandai, kaya dan memiliki banyak prestasi, itu semua karena kuasa TUHAN Sang Maha besar yang telah berkarya memberikan keberhasilan dan kekuatan pada Saudara sebab segala sesuatu berada di bawah kendali kekuasaan-Nya.
  2. Segala kekuatan dan kedahsyatan alam semesta adalah tanda kuasa TUHAN yang nyata bekerja . Oleh karena itulah jangan pernah ragukan kuasa TUHAN yang bekerja dalam hidup Saudara. Alam semesta tidak bergerak sendiri. Ada tangan ALLAH Sang Maha besar yang menggerakkan dan mengaturnya. DIA pula yang menggerakkan dan mengatur kehidupan kita. Oleh karena itu terus percayakanlah diri  Saudara kepada TUHAN. Percayakanlah masa depan Saudara pada kendali TUHAN. Pasti TUHAN akan mengatur dan mengendalikan hidup Saudara dengan baik. Apabila kekuatan alam yang dahsyat saja dapat diatur dan dikendalikannya apalagi masa depan kita. Jangan gampang menyerah terhadap persoalan yang membebani  Saudara! Terus berimanlah kepada ALLAH  sebab ALLAH yang Saudara imani adalah ALLAH , Sang Maha besar .  Sebesar apa pun persoalan Saudara, ALLAH  dan kuasanya jauh lebih besar. Jalani hidup setiap hari dengan sukacita, dalam iman, harap dan kasih kepada –Nya.

Bila Saudara sungguh-sungguh memuji dan memuliakan ALLAH , Sang Maha besar, mari akhiri renungan hari ini dengan menyanyi KJ 64:1

Bila ku lihat bintang gemerlapan  dan bunyi guruh riuh  kudengar
Ya TUHANku, tak putus aku heran melihat ciptaan-Mu yang besar.
Refrein: Maka jiwaku pun memuji-Mu: “ Sungguh besar, Kau, Allahku!”
Maka jiwaku pun memuji-Mu: “ Sungguh besar, Kau, Allahku!”

ALLAH Mahabesar dapat  kita rasakan kehadirannya melalui luas dan dahsyatnya alam semesta

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«