suplemenGKI.com

Senin, 28 Maret 2016

27/03/2016

Kisah Para Rasul 5:12-16.

 

Kuasa Tuhan Dinyatakan, Banyak Orang Menjadi Percaya

Pengantar:

“Bukti” adalah hal penting untuk mempercayai sesuatu. Apakah itu suatu: perkataan, berita, informasi atau kesaksian. Tidak ada gunanya seseorang berkata banyak, berjanji banyak, bercerita banyak tentang sesuatu tetapi tidak dapat membuktikan kebenaran tentang apa yang dikatakannya. Maka itu hanyalah suatu kebohongan besar. Hari ini kita akan melihat bukti kuasa Tuhan yang diberitakan oleh Para Rasul dalam Kis 5:12-16. Pemahaman:

  1. Apa yang melatarbelakangi berbagai mujizat yang dilakukan oleh Rasul-Rasul? (v. 12)
  2. Bagaimana respons orang banyak terhadap mereka! (v. 14-15)
  3. Apa yang terjadi dengan orang-orang sakit yang dibawa kepada Para Rasul! (v. 15-16)

Pasca turunnya Roh Kudus kepada Rasul-Rasul, mereka menjadi orang-orang yang

dipakai Tuhan dengan luar biasa. Mereka bisa berbicara dengan bahasa-bahasa lain seperti yang diberikan Roh Kudus kepada mereka (Kis 2:4) Rasul Petrus berkhotbah tiga ribu orang memberi diri dibaptis (2:41) Mereka juga menyembuhkan orang-orang dari sakitnya (3:1-10) Berbagai mujizat Tuhan terus dinyatakan melalui pelayanan Para Rasul. Pada pasal 5:12a dikatakan “Dan oleh Rasul-Rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara banyak orang” Semua itu membuktikan tentang kuasa Tuhan yang diberitakan oleh Para Rasul tersebut.

Pada ayat 14, dikatakan “Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan…” Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan pada ayat 14-15. Pertama: Melalui pemberitaan firman Tuhan yang dilakukan oleh Rasul-Rasul itu (Lih. v. 12b) banyak orang menjadi mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus yang telah bangkit dari kematian (band. Kis 2:21-24) Kedua: Orang banyak percaya kepada Para Rasul yang memberitakan tentang Tuhan Yesus yang penuh kuasa, sehingga mereka sangat dinantikan dan diharapkan untuk menolong mereka dari persoalan hidup termasuk sakit penyakit.

Berita tentang kuasa Tuhan Yesus yang telah terbukti melalui pelayaan dan pemberitaan Para Rasul itu bukan saja dialami oleh orang-orang di Yerusalem saja tetapi meluas ke kota-kota di sekitar Yerusalem. Itulah bukti kuasa Tuhan yang dinyatakan melalui pemberitaan Para Rasul yang telah mengalami curahan Roh Kudus.

Refleksi:

Kita adalah orang-orang yang telah percaya kepada Tuhan Yesus, itu terjadi karena kuasa Roh Kudus (1Kor 12:3) Sebagaimana Para Rasul melalui kuasa Roh Kudus, mereka menyatakan kuasa mujizat Tuhan dalam pemberitaan mereka, sehinggan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan. Kita pun bisa Tuhan pakai untuk membawa orang untuk percaya kepada Tuhan melalui kehidupan kita yang memberitakan kuasa Tuhan Yesus.

Tekad:

Tuhan Yesus, tolonglah agar perkataan, perbuatan dan sikap hidupku memberitakan tentang kuasa-Mu, sehingga melalui hidupku orang lain menjadi percaya kepada-Mu.

Tindakkan:

Belajar agar setiap perkataan, perbuatan dan sikap hidup ini merupakan pemberitaan yang membuktikan tentang kuasa dan kasih Tuhan Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«